LiputanNasional

1 Syawal Fix 5 Juni 2019 !

BTN iklan

JAKARTA, (LEI) – Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin mengatakan 1 Syawal 1440 H jatuh pada hari Rabu, 5 Juni 2019.

Hal tersebut disampaikan Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin saat jumpa pers tentang pengumuman hasil Sidang Isbat di Kantor Kementerian Agama, Jakarta, Senin (3/6).

Menurut Lukman, penetapan 1 Syawal 1440 H dilakukan setelah mendapat laporan hasil petugas yang memantau hilal dari seluruh Tanah Air.

Setelah mendengarkan laporan dari petugas yang melakukan pemantauan hilal dari seluruh Tanah Air, menurut Lukman, maka posisi hilal berada antara minus 1,26 derajat sampai minus 0,5 derajat. “Artinya posisi hilal berada di bawah ufuk,” katanya.

Oleh karena itu, Lukman mengatakan sebagaimana ketentuan yang berlaku selama ini, maka besok pada Hari Selasa, 4 Juni masih berpuasa.

Momentum Jaga Persatuan dan Kesatuan Bangsa

Ketua Komisi VIII DPR Ali Taher Parasong menyatakan bersyukur kepada Allah SWT dan berterima kasih ke pemerintah yang terus melakukan ikhtiar terbaik untuk bisa menyamakan awal Ramadan dan Syawal.

“Ini suatu prestasi baik dan bagus. Mudah-mudahan bisa dilanjutkan di masa yang akan datang,” kata Ali saat jumpa pers bersama Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin terkait pengumuman hasil Sidang Isbat di Kantor Kementeri Agama Jakata, Senin (3/6).

Ali menilai penetapan 1 Syawal yang berlangsung sama ini juga menjadi momentum untuk menjaga persatuan dan kesatuan bangsa, ukhuwah islamiyah dan kebersamaan sesama umat manusia.

“Kami berharap tidak ada perbedaan. Yang ada adalah persamaan-persamaan dalam membangun bangsa dan negara,” ungkap Ali.

Kata kunci
Perlihatkan Lebih

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Lainnya

Close

Adblock Detected

Tolong matikan adblocker anda untuk tetap mendukung kami