Internasional

10 Negara Izinkan Warganya Punya Senjata Api, Nomor 9 Bolehkan Menembak Teroris

BTN iklan

JAKARTA (LEI) – Senjata api biasanya digunakan oleh otoritas keamanan saat bertugas, baik mempertahankan diri ataupun melumpuhkan pelaku kejahatan. Namun sejumlah negara di dunia membolehkan warganya menggunakan senjata api, tentu dengan sejumlah persyaratan dan aturan.

Dilansir dari KORAN SINDO, Senin (24/9/2018), berikut negara-negara yang mengizinkan penduduknya untuk memiliki senjata api.

1. Amerika Serikat (AS)

Negara AS adalah negara yang penduduknya memiliki senjata api terbanyak didunia. Hal ini dikarenakan AS memiliki budaya yang membolehkan warga menggunakan senjata api.

Jumlah senjata api yang dimiliki oleh warga sipil di AS, jumlahnya masih melebihi senjata api milik negara-negara lain jika digabungkan.

2. Finlandia

Negara yang membolehkan warganya memiliki senjata api ini dianggap negara paling aman di dunia pada 2017. Walau dibolehkan untuk memiliki senjata api, negara ini melarang senjata semi-otomatis untuk dimiliki di sana, khususnya di ibu Kota Helsinki kecuali dalam keadaan darurat.

Ilustrasi.

Namun, jika warga disana ingin memiliki senjata api, mereka harus memilkiki surat izin (lisensi) dan harus dipastikan bahwa senjata api miliknya tersebut tetap berada di dalam rumah.

3. Swiss

Negara yang satu ini adalah negara yang memiliki senjata api terbanyak ke-4 di dunia. Bahkan, hingga 2010 pria yang memiliki fisik yang sehat harus memiliki minimal satu senjata. Hak senjata yang diakui secara hukum kepemilikannya sudah ada sejak 1997.

Di Eropa, negara Swiss adalah negara yang kasus bunuh dirinya masih di bawah negara lain.

Walau warga diperbolehkan memiliki senjata api, mereka juga harus mempertanggungjawabkan senjata api miliknya tersebut, bahkan jika ada seseorang mencuri senjata yang dimiliki orang lain dan senjata curian tersebut digunakan untuk membunuh orang lain, maka pemilik asli senjata api tersebut juga akan ikut masuk penjara.

4. Panama

Negara ini merupakan negara teraman di Amerika Tengah. Warga di sana pun diperbolehkan untuk memiliki senjata api secara sah, walau harus disembunyikan jika dibawa kemana-mana.

Walaupun warga di sana diperbolehkan untuk membawa senjata api, selain warga di sana harus mendapatkan surat izin (lisensi) jika membeli senjata.

5. Norwegia

Norwegia merupakan negara yang mengizinkan warganya memiliki senjata api. Negara ini juga memutuskan hak untuk melindungi warga sipil yang memiliki senjata api.

Walau warga di negara ini diperbolehkan untuk memiliki senjata api, namun umumnya orang-orang disana akan menggunakan senjata api saat musim berburu. Bahkan polisi disana pun tidak bersenjata api.

6. Kanada

Kanada juga negara yang mengizinkan warganya untuk memiliki senjata api, alasan warga sipil di sana diperbolehkan memiliki senjata api karena budaya di komunitas pribumi Kanada.

Kepemilikan senjata api sudah dianggap di sana, namun umumnya senjata api di sana digunakan untuk berburu dan olahraga.

Walau demikian, Kanada juga membuat aturan ketat mengenai kepemilikan senjata api, seperti pistol kecil dan senjata semi-otomatis.

7. Swedia

Negara ini merupakan negara yang sepertiga penduduknya memiliki senjata api, bahkan untuk memiliki senjata semiotomatis pun warganya memiliki hak.

Namun, jika warga di sana ingin memiliki senjata api, tetap ada persyaratan yang harus dipenuhi, seperti lulus tes tertulis, tes menembak, bergabung dengan klub senjata, dan membuktikan bahwa dirinya tidak pernah dihukum karena mabuk saat mengemudi.

8. Serbia

Setelah negara ini mengalami empat perang antara Serbia dengan Slovenia, Kroasia, Bosnia, dan Kosovo, negara ini dibanjiri dengan senjata api dan negara ini juga merupakan negara berkepemilikan senjata api kedua di dunia.

Warga di sana juga harus memiliki surat izin jika ingin memiliki senjata api. Namun, jika warga di sana ingin membawa senjata api secara terbuka maupun tidak, mereka harus memiliki alasan yang kuat bahwa mereka dalam kondisi bahaya.

9. Republik Ceko (CESKA)

Negara ini adalah negara yang penduduknya memiliki hak untuk menembak teroris. Bahkan, warga yang berada di sana diperbolehkan untuk membawa 2 senjata api tanpa harus memberitahu alasan membawanya. Akan tetapi, turis tidak diperbolehkan untuk membawa senjata api dan setiap senjata api yang dimiliki di negara tersebut harus terdaftar resmi.

10. Honduras

Negara yang berada di Amerika Tengah ini, walau mengizinkan warga sipilnya memiliki senjata, harus dipastikan terlebih dahulu tujuan mereka membeli senjata api untuk perlindungan diri atau hanya sekadar menghibur diri (rekreasi).

Pada peraturan yang beredar disana, warga hanya diperoblehkan untuk memiliki maksimal 5 senjata api pada tiap orangnya, senjata harus terdaftar, dan hanya dapat membelinya di toko yang dikelola oleh pemerintah. (okezone)

Kata kunci
Perlihatkan Lebih

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Related Articles

Close