Hukum

14 Aturan Selesai Akhir Bulan

BTN iklan

JAKARTA/ei — Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia menargetkan 14 aturan setingkat menteri segera diterbitkan untuk melengkapi Undang-Undang No. 13/2016 tentang Paten yang diperkirakan rampung pada akhir bulan ini.

Sebagian besar draf peraturan menteri (permen) sudah diamanatkan Undang Undang No. 14 tahun 2001 tentang Paten. Adapun penerbitannya kini lebih bersifat perbaikan, penyesuaian atau peraturan lebih lanjut terkait beleid terkini.

Konsultan dari Suryomurcito & Co Debbie Juliane Manurung mengatakan keberadaan 14 rancangan permen pelengkap UU No. 13/2016 mengatakan ada sejumlah materi baru yang disambut baik oleh pelaku usaha.

“Materi baru yang muncul disambut baik, contohnya saja seperti perubahan data sertifi kat. Sebelumnya, di beleid terdahulu tidak ada mekanisme yang resmi untuk memperbaiki kesalahan dalam data dalam sertifikat,” tuturnya, Minggu (19/3).

Selain itu, materi imbalan lisensi wajib terhadap pemegang merek, permennya adalah ketentuan yang sama sekali baru. Adapun, untuk format keputusan pemberian lisensi wajib, memang sudah diatur dalam UU Paten terdahulu, tetapi format baru akan dinanti penjelasannya pada permen yang akan diterbitkan.

Tidak hanya fokus pada materi baru, Debbie juga menganggap permen tentang permohonan banding, penting mengingat UU No. 13/2016 mengatur dua jenis permohonan banding yang baru.

Dua draf tersebut, diantaranya Permohonan Banding Terhadap Koreksi Atas Deskripsi, Klaim, dan/atau Gambar Setelah Permohonan Diberi Paten; Permohonan Banding Terhadap Keputusan Pemberi Paten.

Menurutnya, kedua hal ini belum diatur dalam UU No. 14/2001, dan pada saat ini ketentuan lebih lanjut mengenai tata cara permohonan banding atas koreksi permohonan yang diberi paten atau permohonan terhadap keputusan pemberian paten tinggal menunggu kejelasan dan panduan pelaksanaannya.

Perlihatkan Lebih

5 Comments

  1. Write more, thats all I have to say. Literally, it seems as though you relied on the video to make your
    point. You clearly know what youre talking about, why waste your intelligence on just posting
    videos to your blog when you could be giving us something informative to read?

Tinggalkan Balasan

Baca Lainnya

Close

Adblock Detected

Tolong matikan adblocker anda untuk tetap mendukung kami