Internasional

284 Kotak Disita dari Apartemen Najib, Isinya Tas Hermes dan LV

BTN iklan

Kuala Lumpur (LEI) – Sebanyak 284 kotak yang disita dari tiga apartemen di Pavilion Residences, Kuala Lumpur, Malaysia terkait mantan Perdana Menteri (PM) Najib Razak berisi tas mewah bermerek. Ada merek Louis Vuitton (LV) juga merek Hermes Birkin yang tergolong sebagai salah satu tas mewah termahal di dunia.

Dilaporkan media Malaysia, Malay Mail, Jumat (18/5/2018), setidaknya dibutuhkan lima truk besar bernama ‘Black Maria‘ untuk mengangkut ratusan kotak berisi tas mewah dan 72 koper berisi uang tunai serta barang-barang berharga, keluar dari dua kondominium tersebut.

Penggeledahan di tiga unit kondominium di Kuala Lumpur itu dimulai sejak Kamis (17/5) malam, pukul 19.00 waktu setempat. Sedangkan penggeledahan terpisah di rumah Najib di Taman Duta masih berlanjut hingga kini, sejak Rabu (16/5) malam.

Dituturkan Kepala Departemen Penyelidikan Kejahatan Komersial Kepolisian Malaysia, Amar Singh, tim kepolisian telah menyita 284 tas mewah bermerek, termasuk merek Hermes Birkin dan Louis Vuitton. Sebanyak 72 koper berisi perhiasan, jam tangan mewah serta berbagai mata uang yang jumlahnya tidak disebut, juga disita.

“Di antaranya tas wanita Birkin Hermes. Sejumlah dokumen juga disita,” sebut Amar. Sebelumnya diungkapkan Amar bahwa penggeledahan ini terkait penyelidikan skandal mega korupsi 1Malaysia Development Berhad(1MDB) yang menyeret Najib.

Tidak disebut lebih lanjut milik siapa tas-tas mewah itu. Namun diketahui bahwa istri Najib, Rosmah Mansor, dikenal sangat menggemari tas mewah bermerek, terutama merek Hermes jenis Birkin. Rosmah disebut jarang terlihat di publik tanpa menenteng tas mewah.

Diketahui bahwa harga tas mewah Birkin paling rendah mencapai US$ 12 ribu (Rp 166 juta) hingga ada yang mencapai lebih dari US$ 300 ribu (Rp 4,1 miliar).

Disebutkan Amar bahwa dokumen terkait 1MDB juga disita dari kantor PM Malaysia. Total ada enam lokasi yang digeledah secara terpisah.

Amar menyatakan pihaknya puas dengan penggeledahan dan penyitaan yang telah dilakukan. Penggeledahan di kondominium mewah terkait Najib disebutkan telah selesai untuk sementara waktu. (detik)

Kata kunci
Perlihatkan Lebih

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Related Articles

Close