EkonomiFinansialLiputanNasional

29 UKM di Padang Ikuti Makerfest 2018

BTN iklan

PADANG, 21/4 (LEI) – Sebanyak 29 usaha kecil menengah (UKM) di Padang, Sumatera Barat, terpilih mengikuti kegiatan Makerfest 2018 yang merupakan kompetisi tingkat lokal dalam pengembangan usaha memperebutkan hadiah sebesar Rp1,5 miliar.

“Makerfest merupakan gerakan independen untuk pemberdayaan kreator lokal sehingga lahir merek-merek berkualitas yang bisa memembus pasar dunia,” kata perwakilan Makerfest 2018 Siti Fauziah di Padang, Sabtu.

Ia menyampaikan Padang merupakan kota kedua yang dikunjungi Makerfest dengan menyediakan panggung daring dan luring selama dua hari yang dipusatkan di Lapangan Imam Bonjol Padang.

Selama dua hari tersebut pada 21-22 April 2018 digelar beragam kegiatan mulai dari workshop, edukasi dan sesi berbagi pengalaman dan keterampilan hingga dimeriahkan oleh konser musik menghadirkan grup band gigi Siti menilai pertumbuhan ekonomi kota Padang cukup siginifkan dan setiap tahun selalu tumbuh pelaku bisnis yang baru.

Menurutnya hal itu juga didukung oleh penetrasi internet yang cukup baik dan Padang memiliki kekhasan tersendiri terutama soal kuliner.

Akan tetapi ia menilai hambatan yang kerap dijumpai pelaku usaha adalah melakukan akselarasi bisnis sehingga bisa naik kelas dari UKM menjadi skala industri hingga merek nasional yang kemudian mendunia.

Oleh sebab itu di Makerfest kami melakukan pendampingan dengan mengedukasi, menginspirasi agar para kreator bisa mengembangkan ide kreatif dalam usahanya.

Ia menambahkan Makerfest 2018 dilaksanakan di Medan, Padang, Jakarta, Bandung, Surabaya, Denpasar, Makasar pada April sampai Desember 2018.

Dari setiap kota akan diambil tiga pemenang dan pada Desember 2018 sebanyak 24 finalis akan diadu di Jakarta untuk mempresentasikan bisnis dan mengikuti workshop.

Tiga juara terbaik mendapatkan hadiah juara I Rp1 miliar, juara II Rp300 juta dan juara III Rp200 juta untuk modal usaha, kata dia.

Selain itu pemenang akan mendapatkan konsultasi kreatof untuk merek dan pemasaran, kolaboraso dengan pelaku industri nasional hingga mengikuti pameran internasional.

Sementara salah seorang kolaborator di Makerfest 2018 yaitu pendiri laman manual.co.id Hadi Ismanto mengatakan Indonesia membutuhkan lebih banyak sosok wirausaha muda yang kreatif.

“Sosok tersebut harus mampu jadi teladan anak muda agar berani memulai dan mengembangkan ide bisnisnya” kata dia.

Ia berharap lewat Makerfest semakin banyak generasi muda Indonesia yang terdorong memulai usaha sehingga memberi dampak positif bagi masyarakat UKM asal Padang yang mengikuti gelaran tersebut yaitu Creatif Finger, Doodle Art, Eya, Hand Mate, Jerami Handicraft, Kang Bunga, Sweet Project, Letter A, Bonang Bersaudara, Dua Pintu, Rendang Crispy Uni Liza.

Keudian Umayyah, Ambigous, Rang Mudo, Runaway, Scrawl, Tamo Cual Bangka Belitung, Tea with Ami, Vee House, Fresh Garden, Karya Anggaraksa, Krafto dan Paco.

Makerfest 2018 berkolaborasi dengan tokopedia, didukung oleh Badan Ekonomi Kreatif, Kementerian Perindustrian, Kementerian Perdagangan, Kementerian Komunikasi dan Informatika dan JNE. [antara]

Kata kunci
Perlihatkan Lebih

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Lainnya

Close

Adblock Detected

Tolong matikan adblocker anda untuk tetap mendukung kami