BTN iklan
Olahraga

5 Pemain Yang Tinggalkan Barcelona Secara Kontroversial

JAKARTA, (LEI) – Barcelona merupakan salah satu klub terbaik di dunia. El Azulgra pun memiliki banyak pemain bintang, mencakup Xavi Hernandez, Josep Guardiola, Johan Cruyff, Carlos Puyol, Ronaldinho, dan Laszlo Kubala.

Mereka meninggalkan Barcelona sebagai legenda klub. Namun, tidak semua pemain mendapat penghormatan serupa.

Banyak yang hengkang dalam situasi yang tidak menyenangkan. Neymar salah satunya. Tidak puas jadi bayang-bayang Lionel Messi, dia ‘memaksa’ pindah ke Paris Saint-Germain.

Selain Neymar, berikut empat pemain lain yang meninggalkan Barcelona dalam situasi kontroversial, seperti dilansir Sportskeeda:

Zlatan Ibrahimovic

Zlatan Ibrahimovic merupakan salah satu striker terbaik sepanjang masa. Pemain Swedia tersebut tampil brilian untuk Inter Milan di musim 2008/09 dan Barcelona tidak membuang waktu untuk membawanya ke Camp Nou pada musim panas.

Namun, hubungannya dengan Josep Guardiola memburuk dan hal tersebut terbukti menjadi penyebab utama hengkangnya Ibrahimovic dari Barcelona, hanya 12 bulan setelah kedatangannya.

Ibrahimovic berseteru dengan pelatihnya dan Pep menginginkan dia pergi. Dia kemudian pindah ke AC Milan dan memenangkan gelar Serie A pada musim 2010/11. Dia mencetak 51 gol dan membuat 21 assist selama dua tahun tinggal di Italia.

Ibrahimovic kemudian pindah ke PSG pada tahun 2012 dan mendominasi Ligue 1 selama empat tahun. Dia mencetak 113 gol dan membuat 38 assist dalam 122 pertandingan di Ligue 1. Ibrahimovic sebenarnya bisa membuat raksasa Catalan tak terkalahkan jika dia bertahan di sana selama beberapa tahun lagi.

Dani Alves

Dani Alves adalah salah satu pemain paling sukses dalam sejarah Barcelona. Pemain asal Brasil itu mengangkat enam gelar La Liga dan tiga gelar Liga Champions di Camp Nou.

Dianggap sebagai salah satu bek sayap terbaik di dunia, Alves dikenal karena umpan silangnya yang akurat, kreativitas, dan sering melakukan overlap ke depan. Dia membuat 42 assist untuk Lionel Messi selama berada di Camp Nou.

Namun, pemain asal Brasil itu dilepas oleh klub pada tahun 2016 setelah lebih dari 400 penampilan. “Saya tidak merasa nyaman lagi di Barcelona,” ujar Alves kepada situs resmi FIFA.

“Beberapa hal berubah di level klub dan seiring berjalannya waktu saya nampaknya selalu menjadi satu-satunya ‘sasaran tembak’. Mereka akan mengatakan ‘Dani adalah pemain yang harus pergi,’ Saya lelah dengan hal itu.”

Alves menegaskan bahwa kepergiannya dari Barcelona cukup rumit dan ego para petinggi klub memaksanya hengkang.

Ronaldo

Juara Piala Dunia dan pemenang Ballon d’Or ini pernah membela Barcelona selama 12 bulan. Ronaldo bergabung dengan Barcelona pada usia 19 dan mencetak 34 gol dan meraih Pemain Terbaik Dunia FIFA pada usia 20 tahun.

Namun, Ronaldo tidak bertahan lama di Camp Nou karena terjadi masalah dengan negosiasi kontraknya.

Kurangnya komitmen dari direktur Barcelona dan kegagalan mereka menghormati kesepakatan tersebut membuka jalan bagi Ronaldo untuk hengkang. Dia pindah ke Inter Milan pada 1997 dan mencetak 49 gol dalam 68 pertandingan di Serie A.

Dia kemudian pindah ke Real Madrid pada 2002 dan memainkan 127 pertandingan La Liga untuk Galacticos.

Ronaldo mencetak 83 gol di La Liga selama empat musim di klub dan mengangkat gelar La Liga dua kali di Santiago Bernabeu.

Luis Figo

Ini bisa dibilang transfer paling kontroversial dalam sejarah Barcelona. Luis Figo adalah pemain terbaik Barcelona di akhir tahun 90-an. Dia menuntun mereka meraih gelar La Liga secara berturut-turut dan dua gelar Copa del Rey.

Figo kemudian dijadikan alat kampanye oleh Florentino Perez untuk mengalahkan Lorenzo Sanz dalam pemilihan presiden Real Madrid. Perez ingin membajak Figo dari Barcelona.

Konon, Perez dan pihak Figo (melalui agennya), terikat sebuah perjanjian prakontrak. Klausul di dalam kontrak tersebut termasuk denda sebesar 26 juta euro apabila Figo gagal bergabung dengan Real Madrid.

Ketika rencana transfer tersebut bocor ke media, Figo mengatakan. “Saya ingin meyakinkan penggemar bahwa Luis Figo, dengan semua kepastian di dunia, akan berada di Camp Nou pada 24 Juli untuk memulai musim.”

Figo tidak jujur dengan kata-katanya dan diperkenalkan sebagai pemain Real Madrid, dengan rekor transfer dunia sebesar 62 juta euro.

Fans Barcelona merasa sudah dikhianati, dan sampai sekarang, Figo tetap menjadi salah satu pemain yang paling dibenci di Camp Nou.

[Bola.net]

Kata kunci
Perlihatkan Lebih

Komentar Anda...

Related Articles

Close
Close