Ekonomi

5 Trik Berhemat untuk Startup dari Seorang CFO

BTN iklan

(LEI)-Konsultasi bisnis kami mengalami perkembangan seiring dengan peningkatan permintaan untuk menyelesaikan berbagai permasalahan startup. Meskipun ini sangat baik bagi bisnis kami, di sisi lain fenomena tersebut menunjukkan gambaran kelam bagi iklim startup.

Hari ini saya akan melanjutkan pembahasan dari artikel sebelumnya, yaitu dengan menjawab beberapa pertanyaan lagi dari sejumlah startup yang menjadi partner kami.

Apakah mengikuti kompetisi adalah ide yang baik?

Saya merespons pertanyaan tersebut di artikel sebelumnya, namun sepertinya hal ini perlu dibahas lebih lanjut.

Mengikuti kompetisi pada fase pembentukan ide dapat menjadi siasat yang baik untuk memperkenalkan ide-ide bisnis. Dengan kehadiran para panelis berpengalaman yang bisa memverifikasi ide, ini adalah cara yang tepat untuk menyempurnakan rencana.

Namun untuk mempersiapkan materi pitching, presentasi, serta berbagai rangkaian kegiatan dapat menguras waktu kamu. Pada tahap pembentukan ide, hal ini tidak menjadi masalah karena biaya operasional pada titik ini masih rendah.

Fokuslah pada bisnis daripada memenangkan kompetisi.

Tapi saat perusahaan mulai mengeluarkan biaya, apa yang kamu dapatkan di kompetisi tidak sebanding dengan waktu yang dihabiskan untuk mempersiapkannya. Lebih baik kamu menghabiskan waktu dengan bekerja di startup milikmu.

Fokuslah pada bisnis daripada memenangkan kompetisi. Piala dan medali yang kamu kumpulkan dari berbagai kompetisi tidak bisa diubah menjadi uang tunai untuk menjalankan perusahaan. Daripada melakukan pitching, pertimbangkan untuk melakukan tes dan riset pasar.

Toast | Photo

Ilustrasi pesta dan pertemuan

Apakah mengadakan kegiatan dan pesta glamor adalah investasi yang baik?

Saya sedikit terkejut mengetahui beberapa klien startup kami menghabiskan banyak sumber daya untuk mengadakan pesta sebagai bagian dari strategi pemasaran dan hubungan masyarakat (humas) mereka. Tampaknya banyak dari mereka berpikir kegiatan tersebut adalah cara tepat menunjukkan kehebatan atau prestasi.

Meskipun benar bahwa acara-acara tersebut dapat meningkatkan sisi humas dan pemasaran perusahaan, mengadakan kegiatan-kegiatan ini sangatlah mahal. Karena itu, singkirkan rencana mengadakan pesta dan investasikan uang kamu pada bidang pemasaran. Jika kamu butuh bertemu klien, kamu bisa membelikan mereka minuman.

Biasanya, saya menetapkan standar untuk mengadakan acara dan pesta dengan mematok target pengembalian keuntungan sepuluh kali lipat lebih besar dibanding biaya yang dikeluarkan. Jika proyeksi dampak awal dari kegiatan tidak mencapai angka tersebut, lebih baik kamu mencari cara lainnya untuk masuk ke pasar.

Apakah kita terlalu “memaksa” para pegawai kita?

Salah satu tantangan bagi tim perekrut karyawan adalah menemukan titik yang tepat antara akuisisi dan retensi karyawan. Apalagi ketika startupsedang berjuang menemukan orang yang tepat untuk bergabung dengan tim.

Biasanya, problem rekrutmen karyawan ada dua:

  • Merekrut terlalu banyak orang, atau
  • Orang yang direkrut tidak layak.

Meski para pendiri startup cenderung dermawan terhadap para anggota tim, namun sangat penting untuk menyeimbangkan antara hasil kerja, pertumbuhan, dan kebaikan.

Kata kunci dalam bidang rekrutmen karyawan saat ini adalah “berbasis hasil kerja”. Ini berarti perusahaan berfokus pada produktivitas pegawai dibandingkan jumlah waktu yang dihabiskan untuk bekerja setiap harinya.

read also

Meski hal ini dianggap ideal, perusahaan tetap memerlukan formula untuk mengukur tingkat produktivitas. Pada strategi berdasarkan output, produktivitas diukur melalui “penggunaan,” yang berarti jumlah jam kerja yang dihabiskan untuk menyelesaikan tugas tertentu.

Dari perspektif finansial, anggaran untuk tenaga kerja, upah, dan gaji harus kurang dari separuh pendapatan rutin bulanan pada perusahaan tahap awal. Sementara untuk perusahaan dengan produk atau layanan yang mulai diadopsi khalayak ramai, anggaran tenaga kerja mestinya hanya seperempat dari pendapatan rutin bulanan.

Namun hal ini ibarat permasalahan “ayam dan telur”. Kamu baru bisa merekrut tim ketika sudah memiliki keuntungan, di sisi lain kamu juga merasa kesulitan mendapatkan keuntungan tanpa bantuan dari anggota tim yang tepat. Kejadian tersebut lah yang membuat hidup terasa menantang bagi para founder.

Trendy Office | Photo

Ilustrasi kantor yang keren

Apakah saya perlu berinvestasi dengan membangun kantor yang keren seperti Google?

Adalah hal lazim bila terinspirasi dengan kantor yang keren seperti milik Google atau perusahaan Silicon Valley lainnya. Tapi untuk beberapa startup, permasalahan ini tidaklah penting.

Untuk startup pada tahap awal, melakukan investasi pada infrastruktur fisik bukanlah keputusan yang tepat. Faktanya, perusahaan baru dengan kantor menarik adalah tanda dari keputusan finansial yang buruk.

Mungkin beberapa orang akan berpendapat bahwa estetika akan membantu proses pemasaran dan PR. Opini tersebut mungkin saja benar, tapi perhatikan terlebih dahulu: seberapa besar kemungkinan kamu menggunakan kantor yang sama setelah tiga puluh bulan? Jika kamu berpikir akan tinggal di sana lebih dari waktu tersebut, silakan melanjutkan pertimbangan melakukan investasi untuk tempat.

Perusahaan baru dengan kantor menarik adalah tanda dari keputusan finansial yang buruk.

Aturan praktis untuk menghitung ongkos renovasi yang tepat adalah membiayainya dengan menggunakan dua pertiga dengan uang kas, dan sepertiga dari laba masa depan. Dengan cara ini, kamu dapat mengurangi risiko utang.

Apakah sebaiknya menyewa tempat di daerah strategis?

Memiliki latar belakang di bidang keuangan, saya selalu tegas terhadap pembuatan anggaran. Jadi jawaban saya adalah tidak.

Jangan habiskan dana perusahaan untuk mendapatkan tempat di lokasi strategis. Lebih baik kamu menyewa tempat yang bagus dengan ruangan besar sehingga karyawan dapat nyaman bekerja. Apa gunanya mempunyai tempat di lokasi strategis tapi kamu hanya mendapat ruangan kecil?

Tapi saya setuju untuk beberapa startup, pemilihan lokasi adalah suatu hal yang penting. Dengan kantor yang terletak di lokasi strategis, meskipun kecil, menciptakan citra stabilitas. Tapi sebelum kamu menyewa ruangan kecil di lokasi strategis, pertimbangkan lagi apakah kamu benar-benar membutuhkannya atau sebenarnya kamu cukup menyewa kantor virtual.

Kantor virtual dapat menjadi “kantor terdaftar”, sementara operasional perusahaan dilakukan di tempat lain. Kantor terdaftar hanyalah alamat yang digunakan ketika mendaftar secara resmi di lembaga tertentu, berbeda dengan kantor operasional perusahaan.

Meskipun saya tidak benar-benar merekomendasikan memiliki dua kantor berbeda, namun kamu bisa saja melakukannya. Bagi perusahaan yang menjadi mitra kami, trik ini dapat menghemat anggaran mereka hingga sembilan puluh persen. (idtechinasia)

Kata kunci
Perlihatkan Lebih

25 Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Related Articles

Close