Kesehatan

Apa Itu Diet Golongan Darah B?

BTN iklan

Jakarta/Lei Diet golongan darah bukanlah hal aneh dikalangan masyarakat masa kini. Bagi beberapa orang yang merasa aneh dengan diet golongan darah, ini adalah diet yang dilakukan dengan menyesuaikan makanan dan golongan darah. Diet golongan darah yang akan dibahas dalam artikel ini menggunakan sistem ABO, yaitu; A, B, AB, dan O. Sebetulnya Diet golongan darah diperkenalkan oleh Dr. Peter J. D’Adamo, seorang naturopatis dari Stamford – Amerika Serikat. Keberhasilan diet golongan darah bergantung pada kondisi dan kebutuhan pasien. Tapi, dikalangan para ahli gizi – diet ini masih pro-kontra.

Diet golongan darah mencakup 3 hal, yaitu; lektin, antigen, dan antibodi. Ayo kita ulas satu-persatu, mulai dari lektin yang adalah jenis protein dalam makanan. Selanjutnya, antigen dan antibodi yang memiliki peran penting bagi keseimbangan pertahanan tubuh Anda. Apa hubungannya? Jika makanan yang dikonsumsi mengandung lektin, maka tubuh akan segera menandainya sebagai ‘musuh’. Sehingga sel darah menggumpal dan menyebabkan masalah pada pencernaan ataupun pada sistem metabolisme makanan yang menyebabkan gangguan hormon, salah satunya ialah gangguan produksi insulin.

Diet Golongan Darah B – Susu dan Produk Susu!

Ada 3 penggolongan makanan; makanan bermanfaat yang bekerja seperti obat, makanan neutral yang sifatnya seperti makanan biasa, dan makanan buruk yang perlu dihindari karena bersifat sebagai racun, bagi golongan darah tertentu.

Makanan yang bermanfaat bagi golongan darah B, ialah;

    Sayur: brokoli, ubi, wortel, kembang kol, dan terong
    Ikan: ‘segala jenis ikan laut’
    Produk olahan: susu sapi, keju, bubur gandum, roti essene, kue beras, dan teh hijau

Makanan yang netral bagi golongan darah B, ialah;

      Buah: labu, melon, jeruk, kurma, dan Sayur: brokoli, selada, mentimun, kentang, dan sawi Daging: sapi Ikan: mas, tuna, dan cumi Telur: ayam Kacang-kacangan: kacang merah dan buncis. Produk olahan: mentega, tepung beras, dan roti beras

Makanan yang buruk bagi golongan darah B, ialah;

      Buah: Alpukat, delima, kelapa, belimbing
      kesemek,  dan pir Sayur: tomat, jagung, dan pareDaging: ayam, babi, bebek, keong, kepiting, siput, kodok, gurita, dan lobster Ikan: belutTelur: bebek, angsa, dan puyuh Kacang-kacangan: kacang tanah Produk olahan: es krim, roti gandum, santan, air soda, dan minuman beralkohol

Apabila ingin menjalani diet sehat sesuai dengan golongan darah yang Anda miliki, cobalah untuk mengikuti daftar bahan makanan yang tertera diatas. Ingatlah bahwa kebutuhan asupan makanan setiap orang tidaklah sama, begitu pula dengan diet yang mereka pilih, hendaknya sesuai dengan kondisi dan kebutuhan orang tersebut. Diet golongan darah B bisa juga digabung dengan olahraga yang cocok bagi mereka, seperti; renang, tenis, dan meditasi. Tetap sehat bukanlah hal mahal!

Perlihatkan Lebih

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Related Articles

Close