InternasionalTekno

6 Aplikasi Jual Beli Emas Online untuk Smartphone

BTN iklan

(LEI)-Berdasarkan hasil riset Inside ID yang dipublikasikan pada Februari 2018 lalu, emas masih menjadi investasi primadona di Indonesia ketimbang deposito, properti, reksa dana, ataupun saham. Hasil riset tersebut juga didukung fakta lain, yakni penjualan emas yang dibukukan PT Aneka Tambang Tbk (Antam) pada kuartal pertama 2018. Perusahaan pelat merah itu mencatat peningkatan penjualan emas hingga 226 persen, dengan penjualan emas mencapai 6.945 kg dari sebelumnya 2.127 kg.

Ada beragam cara yang bisa dilakukan masyarakat untuk membeli produk emas, mulai dari mendatangi toko emas konvensional, pergi ke Pegadaian, atau membeli langsung di kantor Antam. Namun seiring perkembangan zaman, muncul beragam platform yang menawarkan layanan investasi emas secara digital.

Jual beli emas online diklaim lebih mudah, karena proses transaksi bisa dilakukan hanya dengan modal internet tanpa harus keluar rumah. Apa saja platform yang menawarkan jual beli emas secara digital di Indonesia? Berikut ulasannya.


IndoGold

Situs web IndoGold | Screenshot

Beroperasi di Indonesia dengan nama badan hukum PT Sinar Rezeki Handal, IndoGold menawarkan empat layanan di platformnya:

  • Tabungan Emas,
  • Cicilan Emas,
  • Gadai Emas, dan
  • Jual Beli Emas.

Emas digital milik pengguna juga bisa ditarik dalam bentuk fisik saat jumlah emas yang telah ditabung mencapai berat minimal 1 gram. Saat ini IndoGold juga bekerja sama dengan marketplace Bukalapak dalam menghadirkan fitur BukaEmas.


ORORI

Tampilan platform ORORI | Screenshot

ORORI merupakan platform yang menjual perhiasan secara online. Jenis perhiasan yang dihadirkan seperti cincin pernikahan, cincin pertunangan, cincin pria, anting, kalung, liontin, gelang tangan, gelang kaki dan paket perhiasan.

Selain memungkinkan pengguna untuk membeli emas Antam, ORORI juga menghadirkan pilihan batu berlian dan logam mulia lainnya untuk investasi. ORORI kini juga bermitra dengan Tokopedia dalam menghadirkan fitur Tokopedia Emas di platform marketplace tersebut.


Tamasia

Tamasia

Tamasia merupakan aplikasi yang memungkinkan penggunanya membeli emas batangan hasil produksi PT Aneka Tambang Tbk (Antam) secara online dengan konsep syariat. Selain itu, Tamasia juga membuka peluang bagi mereka yang ingin berwirausaha dengan menjadi reseller.

Bagi pengguna yang tertarik membeli emas lewat Tamasia, disediakan opsi cicilan mulai dari 3 hingga 24 bulan, dengan pilihan berat emas mulai dari 1 hingga 100 gram. Selama masa cicilan, emas yang dibeli pengguna disimpan dan diasuransikan di Antam sebagai corporate partner Tamasia.


EmasDigi

kiri ke kanan: Damien Ngai, Country Manager EmasDigi; Ricky Aldien, Senior VP Consumer product DOKU; Claudia Kolonas, Founder dan CEO EmasDigi; Mr. Lamon Rutten, Direktur Utama ICDX

Pengguna bisa melakukan beberapa hal terkait transaksi emas melalui aplikasi EmasDigi, mulai dari jual beli emas online hingga tagih emas. EmasDigi telah dilengkapi fitur GoDompet agar memudahkan pengguna bertransaksi. Untuk melakukan top up saldo, pengguna bisa melakukannya melalui transfer bank, menukar voucer, ataupun melalui DOKU e-wallet.


E-Mas

E-Mas | Screenshot

Sejak September 2017 lalu, penyelenggara marketplace online khusus perhiasan ORORI telah meluncurkan aplikasi mobile untuk jual beli emas online bernama E-Mas. Dengan aplikasi tersebut, mereka berniat memudahkan kamu yang ingin berinvestasi emas, atau hanya membelinya untuk keperluan tertentu.

Kamu bisa membeli emas dengan nominal mulai dari Rp10.000. Emas yang kamu beli akan tersimpan di akun yang milikmu, dan bisa kamu tambah atau jual kapan pun kamu mau.

read also

Apabila jumlah emas yang kamu miliki telah mencapai berat sebuah emas fisik yang beredar di pasaran, seperti 1 atau 5 gram, kamu pun bisa menariknya dalam bentuk fisik.


Pegadaian

Pegadaian Digital Service | Screenshot

Mengikuti perkembangan zaman, Pegadaian juga menghadirkan aplikasi demi mempermudah nasabah yang ingin berinvestasi emas secara digital. Melalui aplikasi bernama Pegadaian Digital Service yang diluncurkan sejak April 2018, perusahaan pelat merah itu akan melayani nasabah dan calon pelanggan yang ingin mendapatkan informasi produk-produk Pegadaian, termasuk membuka tabungan emas. (idtechinasia)

Kata kunci
Perlihatkan Lebih

4 Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

one × four =

Baca Lainnya

Close

Adblock Detected

Tolong matikan adblocker anda untuk tetap mendukung kami