Internasional

66 Orang di Iran Aseman Airlines Tewas Akibat Pesawat Tabrak Gunung

BTN iklan

TEHERAN, (LEI) – Penumpang dan kru pesawat penumpang Iran milik maskapai Aseman Airlines yang berjumlah 66 orang tewas. Pesawat tersebut dilaporkan menabrak gunung Zagros di Semirom, Iran, sekitar 620 km dari Teheran, Minggu (18/2/2018).

Dilansir dari AFP, direktur humas Aseman Airlines Mohammad Tabatabai memastikan pesawat mengalami kecelakaan.

“Setelah melakukan pencarian, sayangnya, kami diinformasikan bahwa pesawat telah mengalami kecelakaan,” katanya. “Seluruh orang yang kami sayangi kehilangan nyawa dalam insiden ini,” tambahnya.

Pesawat melakukan perjalanan dari Teheran ke kota kecil Yasuj, di provinsi Isfahan. Pihak Iran Front News mewartakan pesawat ATR tersebut berusia 20 tahun dan telah hilang dari radar sekitar 50 menit setelah lepas landas dari Bandara Mehrabad.

Menurut laporan sebelumnya, kepala komisi keamanan nasional dan kebijakan luar negeri Iran Aladin Borujerdi mengatakan, pesawat ATR milik Aseman Airlines dengan 60 penumpang dan sekitar 6 awak kapal menghilang dari radar pada Minggu pagi waktu setempat.

Juru bicara layanan darurat nasional Mojtaba Khaledi manyatakan kepada kantor berita ISNA, sebuah helikopter telah dikirim ke daerah tersebut.

“Mengingat fakta mengenai wilayah tersebut yang bergunung-gunung, tidak mungkin mengirim ambulans,” ucapnya. Dari laman The Washington Post melaporkan cuaca cukup berkabut saat kecelakaan terjadi. Pihak berwenang akan menyelidiki insiden ini.

Di bawah sanksi internasional selama beberapa dekade, armada pesawat penumpang komersial Iran telah menua dengan adanya kecelakaan udara dalam beberapa tahun terakhir.

Dalam beberapa tahun terakhir, Iran tercatat mengalami beberapa kecelakaan pesawat. Sebanyak dua kecelakaan pesawat terjadi pada 2008 dimana salah satunya melibatkan maskapai Aseman Airlines dengan nomor penerbangan 6895. Kecelakaan pesawat Boeing 737 menewaskan 68 orang dan 15 penumpang lainnya cedera.

Kecelakaan fatal lainnya juga menimpa Caspian Airlines satu tahun berselang yang jatuh di Jannatabad yang menewaskan 168 orang. Insiden serupa juga terjadi pada 2014 lalu yang menimpa maskapai Aseman Airlines yang menyebabkan sembilan orang cedera. Kecelakaan juga menghampiri penerbangan milik Sepahan Airlines yang menewaskan 40 orang dan mencederai sembilan orang lainnya.

Kata kunci
Perlihatkan Lebih

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

2 × four =

Baca Lainnya

Close

Adblock Detected

Tolong matikan adblocker anda untuk tetap mendukung kami