Hukum

678 Narapidana Beragama Budha Terima Remisi di Hari Raya Waisak

BTN iklan

Jakarta, LEI – Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) memberikan remisi khusus atau pengurangan masa hukuman ‎kepada 678 narapidana beragama Budha di seluruh Indonesia pada Hari Raya Waisak 2017.

“Jumlah narapidana yang mendapatkan remisi di Hari Raya Waisak Tahun 2017 ini sebanyak 678 orang,” kata Direktur Jenderal Pemasyarakatan, I Wayan K Dusak dalam keterangan resminya, Kamis, (11/5/2017).

Dusak menjelaskan, remisi khusus (RK) ini terdiri dari dua kategori yakni remisi untuk narapidana yang masih menjalani masa tahanan atau pidana (RK) 1 dan remisi yang diberikan untuk narapidana yang langsung bebas (RK) 2.

Narapidana yang mendapat RK 1 sebanyak 655 orang. Sedangkan yang mendapatkan RK 2 sebanyak 23 orang. “Remisi di Hari Raya Waisak tahun 2017 ini, merupakan momen yang dinantikan oleh Narapidana yang beragama Budha di seluruh Indonesia,” katanya.

Menurut Dusak, penerima remisi terbanyak berasal dari Kantor wilayah KemenkumHAM Sumatera Utara sebanyak 170 narapidana. Kemudian dari Kantor Wilayah Banten sejumlah 82 narapidana, dan disusul Kantor Wilayah Kalimantan Barat  67 narapidana.

Pemberian remisi ini sebagaimana diatur dalam Undang-Undang Republik Indonesia (UU RI) Nomor 12 Tahun 1995 tentang Pemasyarakatan, PP Nomor 32 Tahun 1999 tentang Syarat dan Tata Cara Pelaksanaan Hak Warga Binaan Pemasyarakatan yang telah diubah menjadi PP Nomor 99 Tahun 2012,  serta Kepres Nomor 174 Tahun 1999 tentang Remisi.

“Remisi Khusus Hari Raya Waisak diberikan kepada narapidana beragama Budha yang telah memenuhi persyaratan administratif dan substantif,” ujar Dusak.

Persyaratan tersebut, lanjut dia, di antaranya telah menjalani pidana minimal 6 bulan dan tidak terdaftar pada register F (buku catatan pelanggaran disiplin narapidana), serta turut aktif mengikuti program pembinaan di lembaga pemasyarakatan (lapas) atau rumah tahanan (rutan).

Kata kunci
Perlihatkan Lebih

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Related Articles

Close