BTN ads
Nasional

8 Pertimbangan dalam Memilih Lokasi Gedung Kantor

(LEI)-Sebelum memiliki gedung sendiri, sudah lazim bagi startup untuk berpindah-pindah lokasi kantor, bahkan kadang lebih dari sekali. Kamu mungkin bisa bekerja dari kantor virtual atau co-working space ketika baru merintis. Tapi seiring perusahaan membesar, kebutuhan akan kantor yang bonafide akan semakin mendesak.

Menyewa, membeli, atau membangun kantor adalah investasi yang cukup besar bagi perusahaan. Selain berkaitan langsung dengan kenyamanan kerja para karyawan, kantor juga merupakan bagian perusahaan yang bakal sering berinteraksi dengan pihak luar. Apa saja yang perlu kita pertimbangkan saat memilih lokasi kantor?


Anggaran

Poin pertama yang sudah pasti harus dipertimbangkan adalah anggaran. Kita perlu berpikir realistis dan menyediakan ruang untuk berjaga-jaga apabila anggaran membengkak. Melihat startup yang sudah sukses dapat membuat kita tergoda memiliki kantor mewah. Hati-hati, jangan sampai gengsi malah membuatmu bunuh diri.

Bila kamu tak yakin, lebih baik konsultasi ke agen properti.

Kamu juga harus waspada terhadap biaya yang tak terlihat secara gamblang. Mungkin biaya sewa kantor sudah sesuai bujet, tapi bagaimana dengan anggaran pemeliharaannya? Apakah gedung yang kamu sewa masih perlu renovasi? Bila kamu tak yakin, lebih baik konsultasi ke agen properti.


Pertumbuhan perusahaan

Bertambahnya jumlah karyawan sering menjadi penyebab utama perusahaan butuh kantor baru. Tapi ketika memilih ukuran kantor, jangan hanya terpaku pada jumlah karyawan yang kamu miliki sekarang. Pikirkan juga kira-kira sejauh mana timmu akan tumbuh di masa depan, setidaknya satu atau dua tahun berikutnya.

Open Office Space | Photo 1

Mana yang cocok untukmu, kantor formal berbilik atau ruang terbuka? | Sumber Gambar: Wikimedia Commons

Kata kuncinya adalah keseimbangan. Menyewa gedung terlalu besar tentu merupakan pemborosan, tapi menyewa gedung terlalu kecil akan menyulitkanmu ketika ada tambahan karyawan. Buat prediksi pertumbuhan yang tepat agar kamu mendapat ukuran ruang optimal.


Lokasi karyawan dan klien

Posisi kantor yang strategis terhadap klien atau wilayah industri jelas penting. Tapi posisi relatif terhadap tempat tinggal karyawan juga tak boleh dilupakan. Hati-hati, letak kantor yang jauh dan sulit diakses bisa menjadi alasan seorang karyawan untuk resign!

Hal ini terutama sangat berpengaruh terhadap karyawan-karyawan kunci yang punya peran besar di perusahaan. Bila perlu, sebaiknya kamu berdiskusi dengan mereka sebelum memilih lokasi kantor. Meski di era modern ini kerja remote semakin populer, sebagian besar karyawanmu mungkin masih perlu tempat bernaung.


Keamanan

Sama seperti memilih rumah, keamanan adalah faktor yang sangat penting untuk diperhatikan. Apalagi bila di kantormu terdapat berbagai perlengkapan mahal. Carilah bangunan dengan kondisi pintu atau pagar yang baik, kemudian pertimbangkan juga biaya yang kamu perlukan untuk jasa-jasa sekuriti.

Pertimbangkan kemungkinan banjir, kebakaran, gempa bumi dan sebagainya.

Keamanan terhadap bencana bisa jadi pertimbangan ekstra bila kamu tinggal di wilayah yang rawan. Pertimbangkan kemungkinan banjir, kebakaran, gempa bumi dan sebagainya, karena satu saja bencana alam seperti ini bisa membuat bisnismu runtuh. Menggunakan jasa asuransi juga ada baiknya bila memang perlu.


Akses fasilitas

Ini pertimbangan yang sangat penting demi kenyamanan para karyawan. Adanya fasilitas umum seperti tempat makan, jaringan internet, tempat ibadah, transportasi, bank, hingga fasilitas kesehatan akan sangat membantu ketika ada anggota tim yang punya kebutuhan urgen.

Bank dan rumah sakit biasanya punya jam buka yang sama dengan jam kerja kantor. Akibatnya, karyawan sering kali terpaksa cuti untuk pergi ke tempat-tempat tersebut. Bila kantormu dekat dengan keduanya, karyawan bisa tetap masuk kerja dan hanya perlu izin keluar beberapa jam. Kecuali bila ia sedang sakit berat, tentunya.


Lahan parkir

Sebagian dari karyawan perusahaanmu mungkin akan membawa kendaraan. Baik itu sepeda, motor, atau mobil. Kamu perlu memastikan kantormu memiliki fasilitas parkir yang memadai. Meski terdengar sepele, hal ini cukup berperan dalam membangun kebahagiaan karyawan.

Tech in Asia Indonesia Office | Photo 1

Kantor adalah cerminan dari kultur perusahaanmu

Ingat, hal menyebalkan walaupun sepele, bila terjadi berulang-ulang juga akan menjadi masalah. Setetes air yang jatuh di dahi kita memang terkesan remeh. Tapi bila tetesan air itu terjadi terus-menerus, lama-lama kita pun bisa jadi gila karenanya.


Manajemen gedung

Kecocokan antara pemilik perusahaan dengan manajemen gedung akan sangat berpengaruh terhadap kenyamanan, baik kenyamanan penghuni ataupun pemilik. Carilah pemilik gedung yang klop dengan kultur perusahaanmu, sehingga bila kamu mengalami kesulitan nantinya, ia tak enggan membantu.

Manajemen gedung ini juga meliputi berbagai unsur pemeliharaan, misalnya renovasi, pemeliharaan listrik dan air, serta relasi dengan tetangga (terutama bila kamu memiliih lokasi di ruko/mal). Pastikan apa saja aturan yang harus diikuti, dan segera dapatkan kontak para teknisi di setiap bidang.


Office branding

Pertimbangan terakhir mungkin terkesan tak penting, tapi bisa menjadi penting juga tergantung prioritas perusahaan. Kantor adalah bagian dari wajah perusahaan, jadi kondisi kantor sedikit banyak akan mempengaruhi persepsi orang luar terhadap perusahaanmu.

Memiliki kantor yang besar, nyaman, ditambah dekorasi unik, akan memunculkan kesan bahwa perusahaanmu sukses. Begitu pula sebaliknya. Bila kantormu sering didatangi pihak luar (misalnya klien atau media), kamu bisa mempertimbangkan kantor sebagai bagian dari branding, asal tak berlebihan.


Itulah beberapa pertimbangan yang patut kamu ketahui bila kamu hendak memilih lokasi kantor. Pada akhirnya, yang terpenting adalah menyesuaikan pilihan dengan kebutuhan perusahaan. Baik itu kebutuhan ruang, anggaran, fasilitas, hingga branding.

read also

Sebagai profesional yang menghabiskan banyak waktu dalam pekerjaan, kantor seakan-akan menjadi rumah kedua bagi kita. Layaknya rumah, kantor tentu tidak akan nyaman untuk ditempati bila tidak terawat. Jangan lupa untuk menjaga kebersihan dan memelihara fasilitas kantor, agar kita senantiasa betah tinggal di dalamnya.

(idtechinasia)

Kata kunci
Perlihatkan Lebih

Komentar Anda...

Related Articles

Close
Close