EntertainmentLifestyle

Ada 2 Film Indonesia di Festival yang Dihadiri Jason Statham

BTN iklan

Jakarta (LEI) – Film Indonesia semakin melebarkan sayap. Film Sekala Niskala (The Seen and Unseen) dan Marlina Si Pembunuh dalam Empat Babak (Marlina the Murderer in Four Acts) ditampilkan dalam Shanghai International Film Festival (SIFF) 2018.

Seperti diberitakan Antara, SIFF berlangsung pada 16-24 Juni 2018. Aktor internasional Jason Statham dan Nicolas Cage sempat hadir dalam pembukaan festival film itu.

Menurut Konsulat Jenderal Republik Indonesia di Shanghai, dua film yang belakangan memang mengharumkan nama Indonesia itu berhasil memukau penonton. “Kedua film tersebut menyedot 500 penonton di Shanghai,” kata Wakil Ketua Umum Badan Perfilman Indonesia Dewi Umaya.

Menurut Dewi, tidak mudah bagi film asing untuk masuk SIFF. Selain diseleksi dengan ketat, festival tersebut juga diakui International Federation of Film Producers Associations. Tak heran jika aktor Hollywood sekelas Statham dan Cage pun mendatanginya tahun ini.

Namun Sekala Niskala dan Marlina memang sudah beberapa kali menjadi ‘wajah’ Indonesia di dunia. SIFF bukan festival bertaraf internasional pertama yang mereka sambangi.

Sebelumnya, dua film itu memenangi penghargaan sebagai film terbaik di TOKYO FILMeX 2017.

Marlina Si Pembunuh dalam Empat Babak sudah mencuri perhatian sejak tayang di Cannes Film Festival Mei tahun lalu. Film besutan Mouly Surya itu lalu didistribusikan di 40 negara dan masuk seleksi berbagai festival film internasional. Film itu pun tayang di Amerika.

Marlina Si Pembunuh dalam Empat Babak merupakan hasil kerja sama Cinesurya dengan Kaninga Pictures, serta perusahaan asal Prancis, Malaysia, Singapura, serta Thailand. Film itu juga didukung kementerian serta pusat sinema dan budaya asal Prancis.

Marsha Timothy berperan menjadi seorang janda dengan kepribadian kuat di film itu. Usai suaminya meninggal, rumahnya hendak dirampok dan ia diperkosa. Namun Marlina melawan satu per satu perampoknya, bahkan memenggal kepala pentolan mereka dan membawanya ke mana-mana.

Sementara Sekala Niskala, baru dinobatkan sebagai Film Remaja Terbaik di Asia Pacific Screen Awards 2017. Film besutan Kamila Andini itu mengisahkan tentang si kembar buncing (perempuan dan laki-laki) Tantri (diperankan Thaly Kasih) serta Tantra (Gus Sena).

Dewi berharap masuknya dua film itu ke SIFF membuka gerbang bagi Indonesia.

“Kami berharap lebih banyak lagi film Indonesia yang bisa tayang di SIFF berikutnya. Bahkan bisa menembus pasar film Tiongkok yang sangat terbatas untuk film asing,” katanya.

Kata kunci
Perlihatkan Lebih

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Lainnya

Close

Adblock Detected

Tolong matikan adblocker anda untuk tetap mendukung kami