Hukum

Ada Hakim Terlibat Kasus Suap Saiful Jamil?

BTN iklan

JAKARTA, (LEI/Okezone) – Pengadilan Tipikor Jakarta menghadirkan mantan Panitera Pengadilan Negeri Jakarta Utara (Jakut), Rohadi, dalam sidang perkara dugaan suap dengan terdakwa Saipul Jamil. Dalam sidang tersebut Rohadi mengakui sempat disuruh berbohong oleh Hakim Tinggi Jawa Barat, Karel Tuppu.

Menurutnya, hal tersebut untuk menutupi keterlibatan Hakim Ifa Sudewi dalam perkara suap Saipul Jamil.

“Karena (saya) disuruh oleh Pak Karel Tuppu supaya enggak bawa-bawa hakim (Ifa). Ya tidak ditekan, saya sudah dewasa, saya sudah ngerti maksudnya supaya enggak buka aja. Supaya cukup sampe di saya aja perkara itu,” kata Rohadi di Pengadilan Tipikor, Jakarta Pusat, Rabu (7/6/2017).

Rohadi mengakui, setelah dirinya memberikan keterangan palsu pada sidang sebelumnya, dia merasa mempunyai beban ketika berada di dalam penjara. Oleh karenanya, pada kesempatan kali ini dia ingin membuka secara terang-benderang.

“Saya ingin terbuka Pak, saya beban dipenjara juga. Bohong saya kemarin itu,” jelasnya.

Sebelumnya, Rohadi telah divonis 7 tahun penjara oleh Majelis Hakim pada Pengadilan Tipikor Jakarta. Hakim menilai perbuatan Rohadi terbukti telah menerima suap dari dua pengacara Saipul Jamil.

Adapun, Rohadi menerima uang suap dari pengacara Saipul Jamil, Berthanatalia, sebesar Rp50 Juta. Uang tersebut dimaksudkan untuk memuluskan perkara pencabulan anak dibawah umur dengan yang menyeret Saipul Jamil.

Selain itu, Hakim menganggap Rohadi terbukti menerima uang Rp 250 juta untuk mengatur vonis hakim terhadap terdakwa Saipul Jamil. Namun, berkali-kali Rohadi membantah adanya aliran uang Rp250 Juta untuk Ifa Sudewi, Hakim Ketua yang memimpin perkara pencabulan anak dibawah umur dengan terdakwa Saipul Jamil.

Namun, berbeda keadaan saat Rohadi bersaksi dalam persidangan kali ini, Rohadi justru mengakui bahwa Ifa Sudewi terlibat dalam kasus suap. Menurut Rohadi, Ifa Sudewi mengetahui adanya pemberian suap dari pengacara Saipul, yakni Berthanatalia.

Rohadi pun justru menuding Karel Tuppu adalah aktor dibalik semua kebohongannya tersebut. Pasalnya, Karel Tuppu merupakan suami dari Berthanatalia.‎

Kata kunci
Perlihatkan Lebih

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Lainnya

Close

Adblock Detected

Tolong matikan adblocker anda untuk tetap mendukung kami