Nasional

Akhirnya Batas Negara Indonesia – Malaysia yg Bermasalah Bertahun-Tahun Diukur Ulang

BTN iklan

NUNUKAN, (LEI) – Batas negara Indonesia dengan Malaysia di Pulau Sebatik, Kabupaten Nunukan, Kalimantan Utara, akhirnya diukur ulang Badan Informasi Geospasial (BIG) Indonesia dengan Jabatan Ukur dan Pemetaan (JUPEM) Malaysia. Langkah ini untuk menyudahi polemik yang sudah berlangsung bertahun-tahun.

Pengukuran dan pengecekan serta pemetaan batas kedua negara untuk menentukan batas terbaru dikawal ketat Kompi 1 Pulau Sebatik Satgas Pamtas Batalion Infanteri Raider 600 Modang dan Tentara Diraja Malaysia(TDRM), Minggu (14/7).

Pengawalan dari Satgas Pamtas Yonif Raider 600 MDG dipimpin Perwira Topografi Ltd Corp Topografi Hartoyo. Karena tugas mereka melintasi dua wilayah Indonesia, prajurit pengamanan perbatasan kedua negara dilibatkan dalam pengawalan untuk mengecek posisi patok-patok perbatasan yang menjadi perebutan kedua negara.

Pengecekan yang berlangsung selama tiga hari dimulai dari patok di wilayah Timur Pulau Sebatik hingga wilayah barat dengan melewati 10 patok kelanjutan dari program nasional dari Direktorat Topografi Mabes TNI.

“Diharapkan dengan adanya pengukuran ulang ini akan dapat segera mempertegas batas negara yang selama ini diperdebatkan. Kami sebagai satuan yang sedang bertugas untuk menjaga perbatasan juga dapat melaksanakan tugas dengan maksimal kedepanya,” kata Komandan Satgas Pamtas Yonif Raider 600 MDG Mayor Inf Ronald Wahyudi, melalui pernyataann tertulisnya, Minggu (14/7). [Jawapos]

Kata kunci
Perlihatkan Lebih

4 Comments

  1. Having read this I thought it was very enlightening. I appreciate you spending some time and effort to put
    this informative article together. I once again find myself personally spending a significant amount of
    time both reading and leaving comments. But so what, it was still worthwhile!

  2. I’d like to thank you for the efforts you have put in writing this website. I am hoping to view the same high-grade blog posts from you later on as well. In fact, your creative writing abilities has encouraged me to get my own, personal blog now 😉

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Lainnya

Close

Adblock Detected

Tolong matikan adblocker anda untuk tetap mendukung kami