LiputanNasional

Akibat Cuaca Buruk, Data BPBD Mengalami Kerusakan Parah

BTN iklan

Jakarta/lei – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Nusa Tenggara Timur mendata kerusakan akibat angin kencang yang melanda wilayah Pulau Flores dan sekitarnya dalam beberapa hari terakhir.Image result for cuaca buruk ntt

“Kami sudah terima laporan dari BPBD terkait angin kencang yang terjadi wilayah Pulau Flores, untuk saat ini mereka masih mendata kerusakan yang ditimbulkan,” kata Kepala BPBD NTT Tini Thadeus di Kupang, Senin.

Ia mengatakan rata-rata semua wilayah Pulau Flores terkena dampak cuaca ekstreme berupa angin kencang sekitar empat hari berturut-turut.

Kondisi angin kencang, katanya, telah menimbulkan kerusakan tanaman perkebunan, pohon-pohon yang tumbang hingga rusaknya rumah-rumah warga dan fasiitas umum seperti tiang, baliho, dan lainnya.

“Masyarakat di Flores umumnya menyampaikan khwatir karena angin kencang yang dialami ini tidak seperti biasanya, memang tidak intens tapi sewaktu-waktu ketika datang langsung kencang,” katanya.Image result for angin ntt

Tini menjelaskan petugas BPBD di daerah sedang mendata dampak kerusakan yang memerlukan bantuan.

“Nanti pendataan kami lihat mana yang perlu bantuan emergensi, mana yang lebih parah yang butuhkan bantuan dari pusat karena kita kan dananya terbatas,” katanya.

“Kami nanti berkoordinasi dengan teman-teman kabupaten untuk pilah-pilah kerusakan yang ada untuk ditangani,” katanya.

Ia mengatakan, sementara untuk bantuan darurat dipastikan bisa langsung disalurkan melalui BPBD di daerah karena stok bantuan sudah tersedia.

BPBD NTT telah menyalurkan logistik provinsi ke setiap daerah sekitar September sampai Oktober 2017 lalu untuk mengantisipasi stok bantuan di daerah dalam menghadapi bencana.

Bantuan logisitik tersebut berupa beras, makanan ringan dan siap saji, minuman, hingga perlengkapan seperti tenda darurat, lantai karpet, selimut, dan lainnya.

Kata kunci
Perlihatkan Lebih

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

four × 3 =

Baca Lainnya

Close

Adblock Detected

Tolong matikan adblocker anda untuk tetap mendukung kami