KesehatanLifestyle

Akibat Stress Bagi Eksekutif Muda Berdampak Seperti Ini

BTN iklan

Jakarta/Lei — Stres dapat dialami oleh siapa saja dan bisa berdampak pada kondisi tubuh seseorang. Tak hanya berpengaruh pada mental, stres juga mempengaruhi kesehatan fisik.

Stres sendiri kadang bisa berubah menjadi hal yang membahayakan, seperti masalah pada jantung, hipertensi dan juga stroke, tetapi ada juga yang tidak.
Image result for stress kerja
1. Sakit kepala tegang

Sakit kepala merupakan penyakit yang umum dirasakan setiap orang. Menurut ahli, biang penyebab di balik penyakit ini salah satunya karena tegang akibat rasa cemas dan terlalu stres.

“Penyebab nyeri kepala tipe tegang sebagian besar dikarenakan stres dan kecemasan baik yang disadari ataupun tidak disadari,” imbuh dokter spesialis saraf, dr Latifah, SpS.

2. Perut mulas

Ketika seseorang merasa cemas, tertekan atau stres, tak jarang timbul rasa mulas atau sakit perut. Dalam Journal of Psychosomatic Research, studi menyebut stres dapat meninggalkan efek neurologis yang memicu rasa sakit pada kerongkongan dan menyebabkan perut mulas. Bahkan stres yang telah kronis telah dikaitkan dengan sakit perut yang konstan hingga menyebabkan masalah pencernaan serta sindrom iritasi usus besar.

3. Asam lambung naik

Tak hanya bikin perut jadi mulas, stres juga menyerang area perut lain yakni lambung. Disampaikan oleh ahli penyakit dalam, Dr. dr. H. Ari Fahrial Syam Sp.PD KGEH FINASIM FACP MMB stres, kurang tidur, dan kecapaian menjadi faktor meningkatnya asam lambung.

“Misalnya mau ujian atau ada masalah keluarga. Bisa juga karena obat, misalkan obat penghilang sakit yang malah menyebabkan sakit,” tuturnya

4. Rambut rontok

Saat stres, efek yang diberikan terhadap rambut antara lain alopecia areata (sel darah putih ‘menyerang’ folikel rambut); telogen effluvium (rambut berhenti tumbuh); dan trikotilomania (kerontokan ekstrem akibat stres, cemas, tegang, kesepian, atau frustrasi). Oleh karena itu, segera atasi stres jika tidak ingin rambut Anda hilang sehelai demi sehelai

Kata kunci
Perlihatkan Lebih

One Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

fourteen + 4 =

Baca Lainnya

Lihat juga

Close
Close

Adblock Detected

Tolong matikan adblocker anda untuk tetap mendukung kami