Entertainment

Al-Jarreau, Penyanyi Pemenang tujuh kali Grammy, Meninggal Dunia

BTN iklan

(LEI/Washingtonpost) – Al Jarreau, penyanyi yang memperoleh penghargaan tujuh kali Grammy yang memiliki suara tenor dan meleburkan genre jazz, soul, dan pop, meninggal dunia pada 12 februari 2017 di Los Angeles Hospital dalam umur 76 tahun.

Humasnya, Joe Gordon, menyampaikan kabar tersebut bahwa Al Jarreau sempat dirawat karena kelelahan setelah mengumumkan pengunduran dirinya minggu lalu. Penyebab kematiaannya belum diketahui hingga sekarang.

Jarreau merupakan penyanyi jazz, namun style yang dia miliki unik, terbentuk melalui bertahun-bertahun pada sebuah nightclub. Beliau tidak merilis album pertamanya hingga pada 1975, ketika berumur 35 tahun, namun dalam waktu 2 tahun beliau mendapat penghargaan Grammy pertamanya dan mulai menarik perhatian khalayak.

Setelah memenangkan penghargaan sebagai penyanyi jazz, beliau melebarkan pengaruhnya pada 1981 dengan menelurkan albumnya yang berjudul “Breakin’ Away”, yang terjual lebih dari satujuta kopi dan menduduki Top 20 Hit.

Sepanjang era 1980-an, Jarreau mengekslporasi genre rock, reggae, dan dunia musik internasional, kemudian membuat themesong untuk serial TV “Moonlighting”. Pada 1992, beliau mengeluarkan album “Heaven and Earth” yang mengantarkannya meraih penghargaan Grammy lagi sebagai penyanyi R&B terbaik di tiga kategori.

Hingga di tahun 2001 Jarreau mendapat kehormatan untuk mengabadikan jejak dirinya di Hollywood Walk of Fame, menjadi host pada sebuah acara TV bertema Jazz dan memberi beasiswa di University of Wisconsin pada murid-murid yang ingin menjadi guru. Kemudian pada 2007 beliau memenangkan kembali 2 buah penghargaan Grammy.

Jarreau tidak pernah betah bertahan pada satu genre saja, beliau terus berkembang lagi hingga mampu menggelar konsernya di Chicago Tribnue pada 1989.

“Jazz, apapun bentuknya itu kami pikir itu adalah bentuk paling murni, dinamis, dan mampu menyesuaikan diri,” kata Jarreau. “Tidak akan pernah ada Jazz era 1930, 40-an, atau 50-an, karena Jazz senantiasa berubah menyesuaikan diri dengan masanya. Masa itu termasuk pengaruh Michael Jackson, Sting dan hip-hop seperti Charlie Parker atau bebop”.

Kata kunci
Perlihatkan Lebih

Tinggalkan Balasan

Baca Lainnya

Close

Adblock Detected

Tolong matikan adblocker anda untuk tetap mendukung kami