HEADLINESInternasionalMultifinance

Alibaba diselidiki oleh Pemerintah China terkait praktik monopoli Pasar

BTN iklan

LEI, Jakarta- Detik detik Mencekam Jacma oleh Administrasi Negara untuk Peraturan Pasar (SAMR) China membuat pengumuman pada hari Kamis 31 Desember 2020.

Regulator sebelumnya telah memperingatkan Alibaba tentang memaksa pedagang untuk menandatangani kesepakatan eksklusif yang mencegah mereka menawarkan produk pada platform saingan.

Regulator keuangan juga akan bertemu dengan cabang teknologi keuangan Alibaba, Ant Group dalam beberapa hari mendatang.
Penyelidikan atas perilaku monopoli berpusat pada apa yang disebut praktik “memilih satu dari dua”.

Ini mengharuskan pedagang (penjual) untuk menandatangani pakta kerja sama eksklusif, mencegah mereka menawarkan produk pada platform saingan. Raksasa teknologi China seperti Alibaba dan Tencent menghadapi peningkatan pengawasan oleh pemerintah China, yang mengkhawatirkan ukuran dan kekuatan mereka yang semakin besar.

Regulator mengkhawatirkan jutaan pengguna yang telah mereka kumpulkan dan pengaruh yang mereka miliki terhadap kehidupan sehari-hari di China, termasuk belanja dan pembayaran.

Alibaba, yang didirikan oleh Jack Ma telah merasakan kemarahan para regulator dari tindakan keras yang terkoordinasi oleh pemerintahan di China.

Bulan lalu, Grup Ant, yang sebelumnya bernama Alipay, terpaksa menghentikan pencatatan pasar sahamnya, yang akan menjadi peluncuran terbesar di dunia.

Regulator membuat keputusan untuk memblokir IPO hanya beberapa hari sebelum peluncuran, setelah menyampaikan kekhawatiran tentang layanan pinjaman mikro.

Tetapi banyak yang percaya alasan sebenarnya di balik keputusan itu adalah pembicaraan yang diberikan Ma pada akhir Oktober yang mengkritik regulator dan sistem perbankan China.

Miliarder itu mengatakan bank-bank China beroperasi dengan mentalitas “pegadaian”, dan beberapa merasa dia membayar harga sekarang untuk komentar-komentar itu.

Sejak itu, aturan antitrust baru yang keras juga telah diperkenalkan di seluruh sektor teknologi dan telah memicu penurunan sekitar $ 140 miliar (£ 103 miliar), atau 17%, dalam nilai pasar Alibaba Tuan Ma.

Tindakan keras semut
Pertemuan dengan Ant Group adalah untuk “memandu Ant Group untuk menerapkan pengawasan keuangan, persaingan yang sehat dan melindungi hak dan kepentingan yang sah dari konsumen”, demikian pernyataan dari People’s Bank of China.

Setelah pemberitahuan oleh regulator, Ant mengatakan bahwa mereka akan “mempelajari secara serius dan secara ketat mematuhi semua persyaratan regulasi dan berkomitmen penuh untuk memenuhi semua pekerjaan terkait”.

Pemerintah China menjadi semakin prihatin dengan bagian dari kerajaan Ant yang luas, terutama bisnis kreditnya yang menguntungkan.

Kata kunci
Perlihatkan Lebih

Tinggalkan Balasan

Baca Lainnya

Close

Adblock Detected

Tolong matikan adblocker anda untuk tetap mendukung kami