NasionalTekno

Amazon Siap Ekspansi ke Indonesia, Janjikan Investasi hingga Rp14 Triliun

BTN iklan

(LEI)-Pada 21 September 2018, Vice President Amazon Werner Vogels bersama Menteri Keuangan Indonesia Sri Mulyani Indrawati bertemu Presiden Indonesia Joko Widodo di Istana Kepresidenan. Pihak Amazon mengungkapkan rencana mereka untuk melakukan investasi di Indonesia dengan besaran hingga Rp14 triliun dalam jangka waktu sepuluh tahun ke depan.

Langkah awal perusahaan milik Jeff Bezos di Indonesia yaitu dengan  menyediakan platform layanan cloud Amazon Web Services (AWS). Di tanah air, mereka diperkirakan akan mengalami persaingan ketat dengan berbagai perusahaan yang disokong oleh Alibaba, seperti Lazada dan Tokopedia.

Fakta penting lainnya

  • Sebelumnya, pada 17 September 2018, Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengaku tengah berdiskusi dengan Amazon untuk membahas rencana ekspansi perusahaan teknologi tersebut di Indonesia.
  • Beberapa poin penting yang ditekankan Sri Mulyani dalam pertemuan tersebut berkaitan dengan regulasi investasi dan perpajakan.
  • Indonesia akan menjadi negara kedua target ekspansi perusahaan Amazon di Asia Tenggara. Sebelumnya, pada November 2017, mereka telah masuk ke pasar Singapura.
  • Di sisi lain, pesaing mereka, Alibaba telah memasuki pasar Indonesia dengan memberikan suntikan dana pada Tokopedia sebesar US$1,1 miliar (sekitar Rp14 triliun) pada Agustus 2017 serta meresmikan layanan komputasi awan Alibaba Cloud pada Maret 2018.
  • Selain Alibaba, pemain e-commerce global lainnya yang sedang mencoba masuk ke pasar tanah air adalah Tencent melalui JD.ID dan Shopee.

(idtechinasia)

Kata kunci
Perlihatkan Lebih

One Comment

  1. I really love your site.. Very nice colors & theme.
    Did you build this web site yourself? Please reply back as I’m trying to create my own blog and want to learn where
    you got this from or what the theme is called.
    Cheers!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Related Articles

Close