InternasionalTekno

AMD Percepat Rilis GPU 7nm “Navi” ke Akhir Tahun 2018

BTN iklan

(LEI)-AMD telah mengumumkan roadmap produk ke depan mereka di ajang Computex 2018 lalu. Salah satu produk yang diumumkan adalah prosesor EPYC 7 nm serta Radeon Instinct dengan GPU Vega berbasis fabrikasi 7 nm serupa. Setelah beberapa bulan berlalu, muncul kabar bahwa AMD akan mempercepat perilisan produk berbasis fabrikasi 7 nm mereka!

Kabar ini sendiri terbilang mengejutkan, mengingat Global Foundries produsen utama chip AMD beberapa waktu lalu justru mengumumkan bahwa mereka menghentikan riset fabrikasi 7 nm, mengalihkan fokus ke chip 12 nm dan 14 nm yang hingga saat ini masih sangat diminati. Namun, AMD memang tidak hanya bergantung pada Global Foundries. AMD justru bekerja sama dengan TSMC, salah satu raksasa produksi chip dunia dari Taiwan.

Pergantian produsen ini, menariknya, ternyata tidak memperlambat rilis produk AMD. Semula, AMD justru merencanakan bahwa prosesor EPYC 7 nm dan GPU Navi 7 nm baru akan dirilis di tahun 2019. Namun, kini AMD mengumumkan bahwa keduanya bisa jadi akan dirilis sebelum pergantian tahun. Prosesor EPYC baru dan Radeon Instinct baru kemungkinan besar akan rilis akhir tahun ini.

Sementara terkait Global Foundries, AMD juga masih punya rencana ke depan dengan perusahaan yang sempat punya kaitan erat dengan mereka tersebut. AMD tetap berinvestasi di Global Foundries untuk lini produksi 12 nm dan 14 nm,yang digunakan di beberapa produk AMD, termasuk Ryzen, Ryzen Threadripper, serta EPYC generasi pertama. Selain itu, GPU Polaris dan Vega pun juga masih diproduksi di fasilitas produksi milik Global Foundries. (jagatreview)

Kata kunci
Perlihatkan Lebih

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Related Articles

Close