Internasional

AMD Rancang SoC 4 Core Zen, 24 CU Vega untuk Konsol Asal Tiongkok

BTN iklan

(LEI)-AMD terkenal karena telah merancang berbagai chip, baik berupa custom APU untuk beragam konsol seperti Playstation 4 Pro dan Xbox One X. Serta ada pula custom GPU Radeon Vega di processor Intel Kaby Lake-G yang digunakan di NUC “Hades Canyon” yang sudah kami review sebelumnya.

Belum lama ini diberitakan, AMD mengumumkan kerjasama terbaru dengan produsen sistem gaming dan hiburan asal Tiongkok, Zhongshan Subor. Kerjasama tersebut untuk pembuatan custom SoC (System on Chip) yang digunakan di konsol miliknya bernama Subor gaming console.

Subor menggunakan SoC yang menggabungkan kemampuan AMD Ryzen CPU (4 Core 8 Thread, clock 3 Ghz) dengan Radeon RX Vega IGP (24 Compute Unit, clock 1300 Mhz) dalam satu processor.

SoC dari AMD ini hadir dalam keadaan tersolder di motherboard dan dikelilingi oleh memori 256bit 8GB GDDR5 yang digunakan bersamaan antara CPU dan GPU. SoC dari AMD ini diklaim memiliki performa komputasi sebesar 4 Teraflops mendekati Playstation 4 Pro sebesar 4.2 Teraflops.

Performa lebih baik tersebut, didukung oleh penggunaan arsitektur terbaru “Zen” yang menghadirkan performa dan efisiensi lebih baik, dibandingkan arsitektur “Jaguar” yang ada di SoC Playstation 4 Pro.

Selain menggunakan SoC custom rancangan AMD, Subor juga diberitakan telah menggunakan Windows 10 dengan SSD 128GB dan hardisk 1TB, dibanderol seharga 4,998 RMB atau setara dengan US$ 731.79. (jagatreview)

Kata kunci
Perlihatkan Lebih

16 Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Related Articles

Close