InternasionalTekno

Analis: Penjualan Tablet Kian Menurun, Tapi Tidak untuk Tablet Ukuran Besar

BTN iklan

(LEI)-Dengan semakin canggihnya smartphone dan semakin banyaknya variasi laptop, rasanya bukan hal yang mengherankan jika angka penjualan tablet PC semakin menurun. Berdasarkan laporan riset dari Digitimes, penjualan tablet untuk tahun 2019 diprediksi turun hingga hanya mencapai 141 juta unit saja, dengan prediksi tahun 2021-2023 penjualan tablet hanya mencapai 120 juta unit.

Tapi perlu diingat, penelitian ini juga menegaskan bahwa tablet yang mengalami penurunan penjualan tersebut adalah tablet yang berukuran 7 inch ke bawah. Dan hal ini nampaknya takkan berlaku untuk tablet berukuran 9 inch ke atas karena ukuran tablet ini justru yang akan terus berkembang sejak tahun 2018 ini.

Penurunan ini diteliti berasal dari bagaimana smartphone masa kini sudah semakin lebar layarnya dan bisa digunakan sebagai ganti tablet. Mengingat layar smartphone standar saat ini sudah mencapai lebih dari 5,5 – 6 inch, maka tidak mengherankan jika alih-alih menggunakan tablet terpisah, pengguna akan lebih memilih untuk mengganti dengan smartphone baru.

Penelitian ini juga menyebutkan bahwa tren smartphone layar lebar yang juga hadir di iPhone terbaru dengan layar maksimal 6,5 inch juga ambil alih terhadap pergeseran tren pembelian konsumen. Disebutkan juga, tablet yang akan lebih laku terjual hingga 2020 mendatang adalah tablet berukuran 9,7 – 12,9 inch.

Terakhir disebutkan, Apple memiliki share terhadap pasar tablet yang akan semakin berkembang hingga setidaknya 5 tahun ke depan berkat perilisan tablet iPad kelas entry. Sebagai tambahan juga, iPad bisa jadi akan menjadi pilihan utama konsumen ketika memilih sebuah tablet, ketimbang memilih tablet berbasis Android lainnya yang setara. (jagatreview)

Kata kunci
Perlihatkan Lebih

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Related Articles

Close