LiputanNasional

Anarkisme Remaja di Jogja Kembali Muncul

BTN iklan

Jogjakarta (Lei) – Apa itu klitih? Klitih adalah salah satu bentuk anrkisme remaja yang sekarang sedang marak di Yogyakarta. Klitih identik dengan segerombolan para remaja yang ingin melukai atau melumpuhkan lawannya dengan kekerasan. Ironisnya klitih juga sering kali melukai lawannya dengan benda-benda tajam seperti: pisau, gir, pedang samurai, dll.
Image result for klitih
Klitih sekarang sudah merajalela sampai daerah-daerah pinggiran Yogyakarta. Biasanya Klitih dilakukan oleh sekelompok geng Sma atau Smk yang terdiri dari 10 motor atau lebih secara berboncengan. Biasanya geng-geng ini beroperasi pada sore hari saat mereka sudah pulang sekolah. Tak jarang mereka beroperasi hingga malam hari. Sasarannya adalah mereka yang memusuhi atau bermusuhan dengan geng itu. Permusuhan itu terjadi karena beberapa hal diantaranya adalah permusuhan yang abadi antara kedua geng tersebut, ketidakpuasan antara kedua geng akibat kalah dalam suatu pertandingan, saling ejek antara kedua geng.

Beberapa faktor yang dapat mempengaruhi terjadinya klintih

  • Faktor internal             : Faktor ini terjadi didalam individu yang salah akan menimplementasikan tentang                                                 cara solidaritas.
  • Faktor keluarga             : Faktor ini terjadi karena kurangnya perhatian dari keluarga sehingga remaja akan                                                terbiasa dengan kekerasan.
  • Faktor sekolah               : Faktor ini terjadi karena hilangnya kualitas pengajaran yang berkualitas.
  • Faktor  lingkungan       : Faktor lingkungan yang buruk mendorong adanya kekerasaan.

Semua pihak tentunya pasti dirugikan dengan adanya klitih. Baik dari segi fisik, segi biaya, dan segi psikis. Segi fisik biasanya akan terjadi banyak korban dari cedera ringan, cedera berat bahkan hingga kematian. Dari segi biaya mungkin banyak kerugian misalnya motor yang dikendarai bisa rusak akibat dirusak oleh lawannya, ataupun rumah warga yang salah sasaran akibat lemparan batu antara kedua geng tersebut. Dan yang yang terakhir adalah segi psikis ini terjadi oleh korban yang mengalami trauma saat terkena benda-benda tajam yang melukai tubuhnya.

Akhir-akhir ini klitih sering dilakukan pada malam hari dengan sasaran orang yang sedang mengendarai motor sendirian di tempat sepi. Pada saat malam hari biasanya orang yang akan nge-litihmenggunakan penutup muka agar tidak terlihat oleh siapapun. Biasanya si korban akan di tanyain dari daerah mana? tak jarang ada seorang pelaku yang langsung menghajar si korban tanpa ada kata sedikitpun. Klitih sekarang mungkin diadaptasi dari game GTA yang ada di Amerika. Mereka berdandan layaknya geng-geng yang ada di negeri Paman Sam tersebut.
Kita seharusnya berhati-hati kalau keluar malam. Saran saya kalau tidak ada kepentingan pada malam hari sebaiknya berpikie dua kali kalau mau keluar malam. Sekarang sudah banyak pelaku-pelaku yang dijaring oleh pihak Kepolisian mereka membawa celurit, pisau dan gir motor.  Sebaiknya pihak Kepolisian menindak tegas para pelaku klitihyang sudah meresahkan warga Yogyakarta dan sekitarnya. Kita seharusnya menyikapi dengan kritis Fenomena Klitih yang sudah merajalela hingga tingat Smp ini. Peran orang tua sangat penting dalam mengawasi anak-anak dalam bersosialisasi dan bersosial media dengan bijak

Kata kunci
Perlihatkan Lebih

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Related Articles

Close