Olahraga

Anggaran Asian Para Games 2018 Tambah Rp919 Miliar

BTN iklan

JAKARTA, (LEI) – Anggaran untuk penyelenggaraan Asian Games 2018 dan Asian Para Games 2018 akan ditingkatkan.

Demikian diungkapkan Sekretaris Menteri Pemuda dan Olahraga Gatot S. Dewa Broto dalam konferensi pers The 5th Coordination Commission Meeting Asian Para Games 2018 di Hotel Mulia Senayan, Jumat (13/4) siang.

Gatot mengatakan sudah menerima usulan penambahan anggaran dari Panitia Penyelenggara Asian Para Games 2018 (INAPGOC).

“Ada usulan anggaran Rp919 miliar yang telah kami terima untuk Asian Para Games, namun beberapa dokumen yang belum lengkap,” ujar Gatot.

“Kalau sudah dilengkapi, kami langsung kirimkan ke Dirjen Anggaran [Kementerian Keuangan]. Semoga pekan depan atau paling lambat dua pekan sudah cair karena waktu sudah sangat mepet,” tambah Gatot.

Sebelumnya, pihak INAPGOC menerima suntikan dana sebesar kurang lebih Rp800 miliar dari Kemenpora yang sudah dikirim pada Jumat (13/4).

Lebih lanjut Gatot mengatakan pola penambahan anggaran tersebut juga berlaku untuk Asian Games 2018. Saat ini, APBN untuk Asian Games sebesar Rp1,79 triliun telah cair. Ia menyebut akan ada dua tambahan anggaran lagi masing-masing sekitar Rp1 triliun.

“Anggaran murni APBN untuk Asian Games sebesar Rp1,7 triliun. Ternyata masih kurang, dibutuhkan tambahan lagi hingga dua tahap,” ucap Gatot.

“Pertama, ada permintaan tambahan sebesar Rp1,1 triliun, kemudian ada lagi sebesar Rp1 triliun. Dua-duanya belum dicairkan karena masih dikaji,” ucapnya menambahkan.

Ia menerangkan tambahan anggaran tahap kedua sebesar Rp1 triliun dipersiapkan untuk membayar pajak yang cukup besar. Tambahan anggaran baik Asian Games maupun Asian Para Games berasal dari Bendahara Umum Negara (BUN) yang diproses melalui Menpora dan Menteri Keuangan.

INAPGOC Bertemu Wapres.

INAPGOC dijadwalkan bertemu Wakil Presiden Republik Indoensia Jusuf Kalla pada Jumat (13/4) siang, untuk menginformasikan perkembangan terkini Asian Para Games 2018.

Okto mengungkapkan hampir semua negara peserta senang dengan kesiapan Indonesia sebagai tuan rumah. Hal ini diketahui usai Chefs de Mission Seminar Asian Games 2018 yang telah diadakan beberapa waktu lalu.

“Hampir semua negara menyatakan puas dengan kesiapan Indonesia. Tapi tentu dengan ini semua, kami belum boleh berbesar hati. Ini fase persiapan,” kata Okto.

“Semua permasalahan teknis akan kami kaji. APC datang ke sini bukan untuk supervisi tapi kerja sama,” ujarnya menambahkan.

[CNN]

Kata kunci
Perlihatkan Lebih

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Related Articles

Close