LiputanNasionalOlahraga

Anies Dihalangi Paspampres Dampingi Jokowi, Spekulasi Banyak Bermunculan

BTN iklan

JAKARTA, (LEI) – Viral video dihadangnya Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan saat hendak mendampingi Presiden Joko Widodo menyerahkan Piala Presiden membuat pendukung mantan menteri itu murka. Salah satunya adalah kelompok yang menamakan diri Gerakan Laskar Pro 08 (GL Pro 08).

*Video dari Tribunnews

“Kami dari GL PRO 08 mengecam keras tindakan protokoler Presiden. Tindakan tersebut tentu sangat merendahkan harkat dan martabat seorang pemimpin. Karena bagaimanapun juga, Anies adalah pemimpin pilihan rakyat,” katanya Presidium GL Pro 08 Jimmy CK di Jakarta, Minggu (18/2).

Dia menegaskan, insiden ini melanggar UU Nomor 9 Tahun 2010 Pasal 9 dan 13 tentang Keprotokoleran. Karena itu, panitia acara harus minta maaf secara terbuka ke publik atas insiden itu.

“Panitia tentu harus meminta maaf atas adanya insiden ini. Karena sikap ini jadi bagian dan tercatat dalam sejarah. Jika tidak, kami dari GL Pro siap bergerak, bahkan untuk menemui pihak Presiden, sekalipun” kata dia.

Dia menduga, ada orang kuat yang mendalangi peristiwa itu. “Ini pasti ada dalangnya. Dalangnya pasti orang yang berkuasa. Karena, gak mungkin protokoler akan bertindak seperti itu kalau tak disuruh oleh atasannya,” terang dia.

Ini Penjelasan Istana

“Paspampres hanya mempersilakan nama-nama yang disebutkan oleh pembawa acara untuk turut mendampingi Presiden Joko Widodo,” ujar Deputi Bidang Protokol, Pers dan Media Sekretariat Presiden Bey Machmudin melalui keterangan tertulisnya, Minggu (18/2).

Dia menegaskan, tidak ada arahan apa pun dari presiden yang beken disapa dengan panggilan Jokowi itu untuk mencegah Anies. Selain itu, final Piala Presiden 2018 juga bukan acara kenegaraan.

Karena itu, panitia tidak mengikuti ketentuan protokoler kenegaraan mengenai tata cara pendampingan presiden oleh kepala daerah. Selama laga berlangsung, kata Bey menambahkan, Presiden Jokowi dan Anies juga sangat menikmatinya.

Bahkan, Jokowi menyalami Anies ketika Persija dinyatakan sebagai juara Piala Presiden 2018 setelah mengalahkan Bali United. “Keduanya menonton dengan rileks, sangat informal, serta akrab. Presiden menyampaikan selamat dan menyalami Anies saat Persija mencetak gol,” tuturnya.

Bey menambahkan, karena kegiatan Piala Presiden 2018 bukan acara resmi kenagaraan maka Presiden Jokowi juga tak sepenuhnya memperoleh perlakuan khusus. Bahkan, mantan gubernur DKI itu sempat menunggu beberapa menit di tepi lapangan untuk menyerahkan trofi Piala Presiden 2018 ke Persija.

“Presiden juga masih perlu menunggu selama 15 menit di lapangan hingga selesainya pemberian penghargaan lain sebelum menyerahkan Piala Presiden kepada Persija,” tutup Bey.

Kata kunci
Perlihatkan Lebih

Tinggalkan Balasan

Baca Lainnya

Close

Adblock Detected

Tolong matikan adblocker anda untuk tetap mendukung kami