Liputan

Anies-Sandi akan Bertemu dengan Jokowi, Apa Saja yang Dibahas?

BTN iklan

JAKARTA, (LEI) – Anies mengatakan bahwa akan menemui para gubernur DKI sebelumnya, termasuk Presiden Joko Widodo dan Basuki Tjahja Purnama (Ahok). Pertemuan itu untuk belajar dan menimba ilmu mengenai tata kelola Jakarta.

Pertemuan dengan para mantan Gubernur DKI tersebut, ujar Anies, akan segera diagendakan. Posisi Ahok yang kini berada di Rumah Tahanan Mako Brimob, Kelapa Dua, akan diagendakan segera mungkin sembari menyesuaikan jadwalnya dan waktu besok.

“Nanti (ketemu Ahok), sesudah fix jadwal kita kabari,” ujar mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan ini.

Saat ditanya apakah pertemuannya dengan Jokowi nanti akan juga membahas reklamasi, Anies menyatakan pertemuan tidak fokus pada reklamasi. “Ketemunya bukan bahas itu (reklamasi),” jawab Anies.

Ketika dikonfirmasi soal rencana pertemuan Jokowi dan Anies-Sandi, Sekertariat Kabinet Pramono Anung menyampaikan, “Secara resmi untuk bertemu sampai saat ini belum ada, tetapi kalau memang ada permintaan tersebut, pada saat ratas terakhir membahas tentang LRT, MRT, dan juga hal yang berkaitan lainnya.”

“Memang pada waktu itu, Presiden memberikan arahan akan dibahas dengan pemerintahan yang baru. Artinya, dengan Gubernur Anies dan juga Wagub Sandi,” lanjut dia.

Rapat terbatas untuk membahas MRT dan LRT terakhir kali, kata Pramono, dilakukan pada Juli 2017 lalu. “Untuk itu, tentunya dalam waktu waktu dekat ini kalau nanti ada permintaan dari Pak Anies dan Pak Sandi, segera akan kita adakan, sesuai dengan arahan Presiden,” ujar dia.

Hal lain yang akan dibahas Jokowi, sambung Pramono, terkait pembangunan jalan dari Bundaran HI ke arah utara. Hal tersebut perlu dirapatkan dengan Pemprov DKI yang baru.

“Kita kan pada waktu ratas terakhir ada panding matters ada yang belum bisa diputuskan. Karena ini menyangkut tanggung jawab pemerintahan baru, seperti kita ketahui bersama MRT itu 51% Pemerintah DKI, 49% adalah pemerintah pusat,” papar dia.

“Apakah komposisi ini tetap berlaku, untuk perluasan MRT dari HI ke arah utara, yang seperti inikan harus dibicarakan kembali,” sambung Pramono.

Mungkin akan Bahas Reklamasi Jakarta

Menurut Pramono, tidak menutup kemungkinan dalam pertemuan akan membahas kelanjutan reklamasi pantai utara Jakarta. Sebab, persoalan tersebut masuk tanggung jawab Pemprov DKI.

“Ya semua hal yang berkaitan melibatkan pemerintahan pusat dan pemerintahan daerah,” ujar Pramono.

Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno sebelumnya menyatakan, terkait reklamasi akan dikomunikasikan lebih lanjut bersama Anies Baswedan dan Presiden Jokowi. Pertemuan direncanakan berlangsung beberapa kali.

“Nanti akan ada pertemuan dua sampai tiga hari ke depan. Sesuaikam jadwal dengan Pak Jokowi,” kata Sandi di SDN 07 Pagi Cawang, Jakarta Timur, Rabu kemarin.

Kata kunci
Perlihatkan Lebih

Tinggalkan Balasan

Baca Lainnya

Close

Adblock Detected

Tolong matikan adblocker anda untuk tetap mendukung kami