Politik

Antusiasme WNI Nyoblos di LN Bukti Meningkatnya Kesadaran Politik

BTN iklan

Jakarta, LEI – Ketua Umum (Ketum) Pro Jokowi (PROJO), Budi Arie Setiadi, menilai tingginya antusiasme Warga Negara Indonesia (WNI) di luar negeri menyalurkan hak suaranya pada pemilu 2019 menunjukkan tinggkat kesadaran politik warga dalam menyatakan hak konstitusionalnya.

Budi di Jakarta, Selasa (16/4/2019), menyampaikan, meski terjadi peningkatan kesadaran untuk memilih wakilnya di legislatif dan eksekutif, namun masih terdapat sejumlah WNI yang tidak menunaikan hak pilihnya karena tindakan penyelenggara pemilu.

‎”Mencermati persoalan fundamental tersebut, PROJO menyatakan keikutsertaan warga negara dalam pemilu (rights to vote) merupakan hak dasar (basic rights) setiap warga negara dan merupakan pelaksanaan dari kedaulatan rakyat,” katanya.

Menurutnya, hal tersebut merupakan inti demokrasi yakni partisipasi masyarakat dalam pemilu sebagaimana diatur secara yuridis dalam Pasal 1 Ayat (2), Pasal 2 Ayat (1), Pasal 6A (1), Pasal 19 Ayat (1), dan Pasal 22C (1) UUD 1945.

“Dalam situasi apa pun PROJO meminta penyelenggara pemilu: KPU, Bawaslu, dan DKPP bertindak serius, independen, dan melakukan berbagai usaha untuk memastikan, meningkatkan partisipasi masyarakat dalam menyatakan hak konstitusionalnya (hak pilih) dalam Pemilu 2019,” ujarnya.

Kemudian, lanjut Budi, PROJO juga mendorong penyelenggara Pemilu menjamin dan memastikan tidak ada tindakan oknum-oknum penyelenggara Pemilu yang melakukan kecurangan dan mengabaikan hak-hak konstitusional warga negara.

“Meminta Penyelenggara Pemilu bertindak antisipatif dan tegas terhadap segala bentuk penyimpangan, baik kecurangan maupun upaya-upaya delegitimasi penyelenggaraan Pemilu 2019,” ujarnya.

Kata kunci
Perlihatkan Lebih

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Related Articles

Close