Anwar Usman Ucapkan Sumpah Wakil Ketua MK – Legal Era Indonesia
Hukum-Bisnis

Anwar Usman Ucapkan Sumpah Wakil Ketua MK

Bagikan ke:

Jakarta,-LEI, Wakil Ketua Mahkamah Konstitusi terpilih Anwar Usman, mengucapkan sumpah sebagai Wakil Ketua MK untuk periode 2016-2018 di Gedung Mahkamah Konstitusi Jakarta.

“Saya menerima ini dengan penuh tanggung jawab,” ujar Anwar di Gedung Mahkamah Konstitusi Jakarta, Senin.

Rapat Permusyawarahan Hakim pada Senin (11/4) yang dihadiri oleh sembilan Hakim Konstitusi, kembali menetapkan Anwar Usman sebagai Wakil Ketua MK secara musyawarah mufakat dan aklamasi.

“Insya Allah saya tentu saja sebagai wakil akan membantu dan mendampingi Bapak Arief baik dibidang yudisial ataupun non-yudisial, tentunya tanpa mengurangi independensi hakim,” kata Anwar.

Artikel Terkait : MK Kembali Pilih Anwar Usman Wakil Ketua

Anwar kemudian menambahkan bahwa tugas sebagai Wakil Ketua MK yang kembali diembannya merupakan tugas yang cukup berat, karena harus mengembalikan citra dan wibawa MK sebagai salah satu lembaga peradilan.

“Sekarang citra dan wibawa MK sudah agak meningkat, tapi kami akan terus berusaha mengembalikan citra itu seperti beberapa waktu lalu,” kata Anwar.

Pemilihan wakil ketua ini dilakukan setelah sebelumnya Anwar Usman sebagai Wakil Ketua MK, menuntaskan masa jabatannya sebagai hakim konstitusi.

Namun Mahkamah Agung kemudian memperpanjang jabatan Anwar Usman untuk periode keduanya sebagai hakim konstitusi, dan telah kembali mengucapkan sumpahnya untuk jabatan hakim konstitusi periode kedua pada Kamis (7/4) lalu di Istana Negara.

Anwar merupakan satu dari tiga Hakim Konstitusi yang diusung oleh Mahkamah Agung.

iklan btn

Click to comment

Komentar Anda...

To Top