Nasional

Apa Saja yang Dihasilkan Paripurna DPR Hari ini?

BTN iklan

JAKARTA, (LEI) – Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) kembali menggelar rapat paripurna, Selasa (17/10/2017). Sejumlah agenda akan dibahas, salah satunya adalah laporan pimpinan Komisi III DPR RI mengenai hasil uji kepatutan dan kelayakan terhadap calon anggota Komnas HAM Periode 2017-2022.

Nantinya, pada rapat paripurna akan diambil keputusan apakah tujuh calon anggota Komnas HAM ini disetujui atau tidak.

Komisi III selama dua pekan telah melakukan uji kelayakan dan kepatutan. Dari 14 nama yang disodorkan, Komisi III memilih tujuh nama komisioner terpilih Komnas HAM yang akan bertugas periode 2017-2022. Nama tersebut ditetapkan setelah dirapatkan bersama kesepuluh fraksi yang ada di DPR.

Berikut nama 7 calon anggota Komisioner Komnas HAM periode 2017-2022 yang telah disepakati:

1. Mohammad Choirul Anam (Advokat)

2. Beka Ulung Hapsara (Pegiat LSM)

3. Drs. Ahmad Taufan Damanik MA. (Mantan Komisioner ACWC)

4. Munafrizal Manan (Akademisi)

5. Sandrayati Moniaga (Petahana Komnas HAM)

6. Hairansyah SH. MH (Akademisi)

7. Drs. Amiruddin Al Rahab M.Si.(Pegiat LSM).

Selain itu, rapat paripurna hari ini juga akan mengambil keputusan terhadap sejumlah RUU, yakni RUU tentang Pengesahan Persetujuan antara Pemerintah Republik Indonesia dan Pemerintah Negara Merdeka Papua Nugini tentang Kegiatan Kerja Sama di Bidang Pertahanan, RUU tentang Pengesahan Persetujuan antara Republik Indonesia dan Republik Rakyat China tentang Ekstradisi, dan RUU tentang Pengesahan Konvensi ASEAN Menentang Perdagangan Orang, terutama Perempuan dan Anak.

Rapat paripurna juga akan menetapkam Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) menjadi mitra kerja Komisi I. BSSN sendiri sejak Juni 2017 telah dibentuk Presiden Joko Widodo. Namun, badan ini sempat ditolak pembahasan anggarannya oleh Komisi I DPR RI. [okezone]

Kata kunci
Perlihatkan Lebih

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Lainnya

Close

Adblock Detected

Tolong matikan adblocker anda untuk tetap mendukung kami