BTN iklan
Internasional

Aparat Guatemala Intensifkan Pencarian Pasca Letusan Gunung Fuego, Korban Tewas Bertambah Jadi 69

GUATEMALA (LEI) – Militer Guatemala mengerahkan serdadu untuk membantu para petugas pemadam kebakaran dalam mencari sejumlah orang yang hilang setelah Gunung Fuego meletus dan menghancurkan desa-desa.

Jumlah resmi korban meninggal dunia akibat erupsi mencapai 69 orang.

Sementara ribuan orang kini ditampung di berbagai tempat penampungan sementara.

Efrain Gonzalez, yang melarikan diri dari El Rodeo bersama istri dan putrinya yang berusia satu tahun, mengaku harus meninggalkan dua putri lainnya, berusia empat dan 10 tahun. Mereka terperangkap di dalam rumah saat erupsi terjadi.

 Penduduk setempat lainnya, Ricardo Reyes, juga terpaksa meninggalkan rumahnya.

“Satu-satunya yang bisa kami lakukan adalah berlari bersama keluarga dan meninggalkan harta benda di rumah. Kini setelah bahaya dilewati, saya menengok kondisi rumah dan semuanya kacau,” ujarnya.

Petugas pemadam kebakaran, Rudy Chavez, menjelaskan bagaimana dia menyusuri wilayah terdampak bencana untuk mencari penyintas dan korban tewas.

“Kami bakal mengevakuasi area itu ketika kami menemukan satu keluarga di dalam rumah,” ujarnya.

“Kami berusaha mengeluarkan jenazah mereka dari dalam rumah. Seseorang membunyikan alarm pertanda kawasan itu masih sangat berbahaya dan kami harus pergi. Tapi, syukur kepada Tuhan kami mampu mengangkut jenazah mereka,” sambungnya.

‘Siang seperti malam’

Jorge Luis Altuve, yang merupakan bagian dari tim tanggap darurat di gunung, mengatakan kepada BBC bahwa dia dan para rekannya sedang mencari orang hilang ketika menyadari aktivitas gunung meningkat.

Dia merasakan ada yang mengenai helm-nya dan itu bukan tetesan hujan, melainkan batu.

“Kami sudah siap turun…saat abu menjangkau kami dan siang seperti malam. Dari siang hari yang cerah tiba-tiba gelap seperti pukul 10 malam,” tuturnya.

Pakar gunung berapi, Dr Janine Krippner, mengatakan kepada BBC bahwa khalayak jangan pernah meremehkan aliran lahar dan hujan abu vulkanis.

“Fuego adalah gunung berapi yang sangat aktif. Gunung itu pernah memuntahkan materi vulkanis dan lagi pula gunung tersebut berada di wilayah sering hujan.”

“Jadi, ketika hujan mengenai gunung berapi, aliran lumpur akan membawa banyak batu dan puing. Itu luar biasa berbahaya dan mematikan” jelasnya. (okezone)

Kata kunci
Perlihatkan Lebih

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Related Articles

Close