Hukum

APHA Indonesia: Jokowi Diminta Serius untuk Pengesahan RUU Hukum Adat

BTN iklan

JAKARTA, (LEI) – Asosiasi Pengajar Hukum Adat Indonesia (APHA Indonesia) berharap Presiden Jokowi serius mendorong pengesahan Rancangan Undang-Undang Masyarakat Adat menjadi undang-undang agar masyarakat pemilik tanah ulayat berhak mengelola hutannya dan tidak mudah terjerat dikriminalisasikan.

Ketua Asosiasi Pengajar Hukum Adat Indonesia, Laksanto Utomo mengatakan presiden terpilih nanti harus memosisikan hukum adat dan kearifan lokal yang hidup dan berkembang dalam masyarakat sebagai sumber hukum nasional dalam penyusunan peraturan perundang-undangan.

“Boleh era milenial tetapi masyarakat Adat harus mendapatkan tempat dan diperhatikan hak haknya dengan payung hukum yang pasti. Ini yang diperlukan masyarakat adat,” kata Laksanto, Rabu (28/11/2019).

Disinggung komitmen Jokowi di periode kedua, Laks berharap investasi di daerah juga diimbangi dengan perlindungan hak masyarkat adat.

“Bolehlah karpet merah untuk investor dan pengusaha yang akan investasi. Tapi Masyarakat Adat sebagai benteng dan penjaga serta penyeimbang sesuai kearifan lokal, harus mendapatkan prioritas,” tambahnya.

APHA sudah menjalin komunikasi dengan para pengajar hukum yang merupakan anggota APHA tingkat daerah supaya mengingatkan pemerintah dan anggota legislatifnya di setiap provinsi supaya mempercepat pengesahan RUU menjadi UU Masyarakat Adat, tambah Laksanto.

Kata kunci
Perlihatkan Lebih

Satu Komentar

  1. Untuk bukti pencairan W / A: +6281617538564
    Nama ******* Neni Syahir
    kota: ******** Bandung
    jumlah pinjaman: ****** Rp5,5 miliar
    suku bunga: ******* 1%
    @Twitter ikuti sekarang: *********** @AasimahaLoan

    Saya adalah korban penipuan di tangan kreditor palsu. Saya kehilangan sekitar Rp.65.000.000 karena saya membutuhkan modal besar Rp. 5,5 miliar. Saya hampir mati, saya tidak punya tempat untuk pergi dan bisnis saya hancur, dan dalam proses itu saya kehilangan suami saya. Saya tidak tahan lagi. 4 November 2019, saya bertemu dengan seorang teman lama di sebuah restuarant di Bandung yang memperkenalkan saya kepada seorang ibu yang baik, Ny. AASIMAHA ADILA MEMILIKI PERUSAHAAN PINJAMAN, yang akhirnya membantu saya dengan pinjaman besar untuk membayar hutang bank saya. Tolong, bantu saya untuk berterima kasih kepada ibu-ibu Muslim yang memberikan perusahaan pinjaman besar milik sendiri, pemilik pabrik dan individu pribadi untuk meningkatkan kehidupan dan bisnis mereka. Saya juga ingin menggunakan kesempatan ini untuk menasihati sesama orang Indonesia. Jika Anda menginginkan pinjaman modal besar, Anda dapat menghubungi mereka dan melihat situs web mereka. Anda perlu tahu bahwa ada banyak scammer di blog ini yang tidak memiliki situs web di peta Google,. perusahaan pinjaman resmi AASIMAHA ADILA AHMED LOAN memberi saya pinjaman Rp5,5 miliar dengan tingkat bunga sangat rendah untuk 1% seiring dengan pinjaman berjangka dengan persetujuan cepat dan pencairan mendesak. Jika Anda menginginkan kapita investasi yang besar dan Anda ingin membayar hutang Anda, segera terapkan dan berbahagia seperti banyak orang di sini.
                                          Batas aplikasi di bawah ini

    E-mail: *******[email protected]
    WhatsApp ::: ************ + 447723553516
    Email saya; ***************** [email protected]

Tinggalkan Balasan

Baca Lainnya

Close

Adblock Detected

Tolong matikan adblocker anda untuk tetap mendukung kami