Internasional

Apple Watch Diklaim Mampu Mendeteksi Penyakit Diabetes

BTN iklan

Lei – Salah satu fitur yang dibenamkan pada Apple Watch adalah sensor detak jantung. Dengan fitur ini, Apple Watch bisa mendeteksi detak jantung penggunanya. Penelitian terbaru dari Founder Cardiogram mengungkapkan bahwa fitur ini ternyata bisa dikembangkan lebih lanjut seperti mendeteksi ada atau tidaknya penyakit diabetes dalam tubuh seseorang.

Penelitian ini mengambil data dari empat belas ribu pengguna Apple Watch, dan menemukan bahwa 462 di antaranya menderita diabetes yang diketahui lewat sensor detak jantung. Bagaimana cara mengetahuinya? Menurut penelitian Framingham Heart Study pada tahun 2015, penderita diabetes memiliki detak jantung yang berbeda dibanding mereka yang sehat.Dengan demikian, sensor detak jantung Apple Watch secara teoritis mampu mendeteksi detak jantung yang tidak teratur tersebut sehingga bisa mengidentifikasi pengguna yang menderita diabetes.

Akurasi Apple Watch untuk mendeteksi ada atau tidaknya penyakit diabetes disebut mencapai 85 persen. Namun klaim itu hanya berlaku bagi pengguna yang sebelumnya pernah didiagnosa menderita diabetes. Adapun selain diabetes, Apple Watch disebut mampu mengidentifikasi irama jantung abnormal dengan akurasi 97 persen saat digunakan bersamaan dengan algoritma Cardiogram yang berbasis AI.

Sumber: Digital Trends

Kata kunci
Perlihatkan Lebih

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Related Articles

Close