Liputan

APPTHI akan Lakukan Pertemuan Tahunan di Raja Empat Papua

BTN iklan

Lei 21/4 Ketua Asosiasi Pimpinan Perguruan Tinggi Hukum Indonesia (APPTHI) Dr. Laksanto Utomo mengatakan, pertemuan tahunan APPTHI tahun ini akan dipusatkan di Raja Empat Papua Barat sekitar 2-5 Mei 2017.
Pertmuan itu akan dibuka Ketua MPR Zulkifli Hassan, sekaligus akan melakukan sosialisasi empat pilar dalam memperkuat demokrasi Indonesia, kata Dr. Laksanto usai diterima Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia, Yasonna H Laoly, di Jakarta, Jumat.
Pertememuan itu akan dihadiri lebih dari 180 pimpinan perguruan tinggi hukum seluruh Indoonesia, karena Pulau Raja Empat Papua, tidak hanya sekedar menarik bagi wisata asing dan lokal, tetapi pertemuan itu akan bermakna strategis bahwa semua pihak harus menjaga Negara Kesatuan Republik Indonesia melalui empat pilar penguat demokrasi.
Dalam waktu bersamaan, Anggota Dewan Pembina APPTHI Prof. Dr. Faisal Santiago menambahkan, APPTHI punya konsen untuk menjaga Pancasila dan NKRI, karenanya dalam pertemuan tahunan selalu mengangkat isyu aktual seperti pelaksanaan hukum yang belum optimal. Hal itu yang akan memperlemah NKRI, katanya, sehingga APPTHI wajib mengkritisi para pejabat pusat dan derah yang masih juga bersikap koruptif.
Ia juga mengatakan, kedatangannya ke Menkumham selain menyerahkan hasil eksaminasi putusan hakim kasus Soedjono Timan yang oleh Presiden Joko Widodo agar eksaminasi itu juga ditembuskan ke Menkumham juga mengubdang belia dapat hadir dalam pertemuan APPTHI iu.
“Sebenarnya putusan ini sudah dijadikan buku, dan kita sudah lama berjanji akan memberikan hasilnya, tetapi baru ini hari kita dapat waktu ketemu Menteri,” kata Faisal
Pertemuan APPTHI yang dihadiri Dr. Djawade Hafiz, dari Universitas Sultan Agung Semarang, dan Dr. Robert K Hammar, dekan Sekolah Tinggi Hukum Bintuni Papua dan Direktur Pasca Unkris, Dr. Laksanto, Faisal juga mengatakan, pihaknya akan terus bersikap kritis terhadap pelaksaaan hukum yang belum mencerminkan rasa keadilan dimasyarakat, khususnya dalam penanganan korupsi. “Setiap ada putusan yang tampak ‘aneh’ APPTHI akan melakukan eksaminasi agar publik juga dapat mengontrol putusan hakim itu,” katanya.
Robeth K Hammar menambahkan, salah satu tujuan APPTHI meningkatkan mutu program studi perguran tinggi hukum yang adaptif terhadap perkembangan ekonomi dan politik global. Investasi di Papua kini tampak didominasi investor asing, karenanya, sebagai perwakilan APPTHI di daerah timur Indonesia, pihaknya punya tanggungjawab agar para lulusan fakultas hukum PTS Papua mempunyai standar yang lebih tinggi.
Oleh karenanya, kata Roberth, pihaknya minta dukungan Menkumham agar Kanwil Menkumham di Papua dapat kerjasama, memberikan kontribusi dalam meningkatkan mutu pendidikan hukumnya.
Ia juga mengatakan, jumlah anggota APPTHI saat ini lebih dari 180 perguruan tinggi swasta se Indonesia. Tahun ini Papua mendapatkan giliran sebagai tuan rumah pertemuan tahunan APPTHI yang akan di laksanakan sekitar 2-5 Mei 2017. Pertemuan itu akan dibuka Ketua MPR Zulkifli Hassan.
Menjawab pertanyaan, sebagai tuan rumah pihaknya sudah siap melayani para peserta termasuk memberikan fasilitas tempat dan akomodasi lainnya guna memudahkan para peserta pertemuan. Mudah-mudahan juga pejabat daerah juga ikut hadir dalam pertemuan itu, karena even seperti itu tidak mudah diciptakan, katanya. (dewa)

Kata kunci
Perlihatkan Lebih

2 Komentar

  1. Hello there! This article couldn’t be written any better!
    Looking through this article reminds me of my previous roommate!
    He constantly kept preaching about this. I am going to send this information to him.

    Pretty sure he’ll have a very good read. I appreciate you for sharing!

Tinggalkan Balasan

Baca Lainnya

Close

Adblock Detected

Tolong matikan adblocker anda untuk tetap mendukung kami