InternasionalLiputan

Arab Saudi Potong Pajak Aramco Sebesar 50%

BTN iklan

RIYADH/Lei – Menjelang saham penawaran umum perdana Aramco, Arab Saudi memutuskan untuk memotong pajak yang dibayarkan oleh perusahaan minyak nasional raksasa Saudi Aramco yang telah meningkat senilai US$1 triliun.

Pemerintah mengatakan pada hari Senin (27/3/2017), pihaknya akan memotong tarif pajak untuk Aramco 50% dari 85% sebagai bagian dari persiapan untuk IPO tahun depan, yang akan menjual sebanyak 5% dari perusahaan.

“Dengan secara drastis mengurangi tarif pajak, semakin banyak uang akan pergi ke pemilik potensi Saudi Aramco Dibandingkan dengan pemerintah,” kata Espen Erlingsen, wakil presiden untuk analisis di Rystad Energi, jasa minyak dan konsultasi gas yang berbasis di Oslo dan New York.

“Dengan asumsi harga minyak jangka panjang rata-rata $ 75 per barel, valuasi meningkat perusahaan dari $ 0,4 triliun menjadi $ 1,4 triliun,”imbuhnya dalam sebuah laporan.

Hal itu adalah kabar baik bagi pemerintah Saudi, yang berharap untuk mengumpulkan uang untuk menutupi defisit anggaran $ 79 miliar dan berinvestasi dalam industri-industri baru seperti mencoba untuk diversifikasi ekonomi di era harga minyak yang rendah.

Erlingsen menghitung nilai Aramco berdasarkan potongan arus kas bebas untuk masing-masing bidang minyak. Di bawah tarif pajak baru, banyak dari pembayaran perusahaan kepada pemerintah diharapkan dalam bentuk dividen, tidak pajak.

“Total nilai pendapatan Saudi Aramco setelah biaya sekitar $ 3,4 triliun. Dengan sistem pajak lama, sekitar 88 persen dari nilai pergi ke pemerintah melalui pajak dan royalti, sedangkan dengan sistem baru sekitar 60 persen dari keuntungan pergi ke pemerintah,” kata Erlingsen.

Dia memperkirakan harga minyak akan mencapai $ 75 pada saat IPO, yang akan menjadi dekat harga jangka panjang yang dibutuhkan untuk membenarkan harga saham perusahaan minyak global besar lainnya.

 

FT

 

Perlihatkan Lebih

Tinggalkan Balasan

Baca Lainnya

Close

Adblock Detected

Tolong matikan adblocker anda untuk tetap mendukung kami