Internasional

Arkeolog Mesir Temukan Makam Pendeta Wanita Berusia 4.400 Tahun

BTN iklan

KAIRO, Lei – Tim arkeologi Mesir kembali menemukan sebuah makam kuno. Tempat peristirahatan terakhir itu diketahui milik seorang pendeta wanita bernama Hetpet yang sudah berusia 4.400 tahun. Makam ditemukan dekat Ibu Kota Kairo dan dipenuhi sejumlah lukisan mengenai sang pendeta.

Hetpet adalah pendeta bagi Dewi Kesuburan, Hathor, dalam mitologi Mesir Kuno. Hathor membantu para wanita saat proses bersalin atau melahirkan. Makam tersebut ditemukan saat proses penggalian di dekat Piramida Raksasa Giza.

Makam Hetpet, yang berada di bagian barat Giza, merupakan tempat di mana para pejabat dari Dinasti Kelima Kerajaan Mesir Kuno dikebumikan. Sayangnya, beberapa makam sudah digali terlebih dahulu sejak 1842.

“Tentu saja kami tahu bahwa dia adalah seorang pejabat tinggi dan tampaknya memiliki keterkaitan dengan Istana Kerajaan,” terang Menteri Barang Antik Mesir, Khaled al Anani, melansir dari BBC, Minggu (4/2/2018).

Makam tersebut memiliki gaya arsitektur serta elemen-elemen dekorasi khas dari Dinasti Kelima. Salah satu cirinya adalah pintu masuk yang menuju makam berbentuk L. Sementara itu, sejumlah lukisan yang ada di dalam makam menggambarkan berbagai aktivitas Hetpet, seperti berburu, memancing, dansa, serta seekor monyet tengah menari.

“Suasana semacam itu sangat jarang dan hanya bisa ditemukan sebelumnya di makam (Kerajaan Kuno) Ka-Iber di mana sebuah lukisan menggambarkan seekor monyet tengah menari di hadapan gitaris, tetapi bukan orkestra,” ungkap Sekretaris Jenderal Mahkamah Tinggi Barang Antik, Mostafa Waziri.

Tim arkeologi tidak hanya berhenti sampai di sana karena penggalian terus dilakukan di kawasan tersebut. Menteri Barang Antik, Khaled al Anani, amat berharap mereka dapat kembali menemukan peninggalan Mesir Kuno di area tersebut.

Peninggalan Mesir Kuno merupakan salah satu daya tarik wisata di Negeri Piramida. Sektor pariwisata pun menjadi salah satu penyumbang devisa asing terbesar. Namun, sejak gejolak politik pada 2011, pendapatan negara dari sektor pariwisata kemudian menurun.

Kata kunci
Perlihatkan Lebih

Tinggalkan Balasan

Baca Lainnya

Close

Adblock Detected

Tolong matikan adblocker anda untuk tetap mendukung kami