EntertainmentLifestyleLiputanNasional

Art Jakarta 2017 Tampilkan Aneka Ragam Seni Lokal dan Internasional

BTN iklan

JAKARTA, (LEI) – Art Jakarta 2017 yang mengusung tema ‘Unity in Diversity’ resmi dibuka Kamis (27/7/2017) malam di Grand Ballroom The Ritz-Carlton Jakarta, Pacific Place. Dalam sambutannya, Gubernur DKI Jakarta Djarot Saiful Hidayat mengekspresikan kebahagiaannya atas tema Bhinneka Tunggal Ika yang diangkat oleh Art Jakarta.

Djarot pun berharap Art Jakarta dapat sukses tidak hanya di Indonesia, namun dapat menjadi pameran terbesar di seluruh Asia Tenggara.

Art Jakarta 2017 Pamerkan Keberagaman Seni Lokal dan InternasionalGubernur DKI Jakarta Djarot Saiful Hidayat dan Kepala Bekraf Triawan Munaf meresmikan Art Jakarta 2017, Kamis (27/7/2017) malam (Foto: dok. Art Jakarta)

Kepala Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) Triawan Munaf juga mengungkapkan rasa bangganyakarena dapat menyaksikan kiprah seniman-seniman muda di Art Jakarta tahun ini. Di malam pembukaan pameran, Triawan juga berkesempatan meresmikan Art Jakarta yang telah digelarke-9 kalinya. Tahun ini untuk pertama kalinya Art Jakarta menjadi bagian dari program Enjoy Jakarta.

Acara pembukaan yang berlangsung meriah turut dihadiri oleh CEO MRA Group dan Advisor Art Jakarta 2017 Maulana Indraguna Sutowo, kolektor seni asing dan lokal, pencinta seni rupa, serta sejumlah selebritas seperti Rianti Cartwright, Nicholas Saputra, Tara Basro, Raline Shah,dan Pevita Pearce.

Art Jakarta 2017 Pamerkan Keberagaman Seni Lokal dan InternasionalSelebritas Rianti Cartwright menghadiri pembukaan Art Jakarta 2017, Kamis (27/7/2017) malam (Foto: dok. Art Jakarta)

Art Jakarta 2017 turut didukung oleh Pacific Place Jakarta, Bekraf, AQUA Reflections, Samsung Galaxy Tab S3, Samsung The Frame, L’Occitane, Bakti Budaya Djarum Foundation, dan Enjoy Jakarta. Pameran mulai dibuka untuk umum tanpa biaya masuk darI Kamis (27/7/2017) sampai Minggu (30/7/2017).

Tahun ini, Art Jakarta menawarkan sejumlah program spesial. Di antaranya seni pertunjukan, beberapa karya seni khusus, kompetisi video art, pemutaran karya seni video mancanegara, kegiatan live painting, pameran khusus Bekraf, dan Art Charity Auction.

Seni pertunjukan tahun ini menampilkan Wayang Potehi oleh Rumah Cinta Wayang, Jumat (28/7/2017) pukul 19:00 WIB. Lalu ada pertunjukan spesial untuk anak-anak pada Sabtu(29/7/2017) pukul 11:30 WIB. Selain itu, komunitas asal Bali, Kita Poleng juga akan menarikan kisah Warung Bu Made pada Sabtu (29/7/2017) pukul 19:00 WIB.

Terdapat sembilan karya seni khusus yang letaknya tersebar di area depan ballroom. Antara lain 100 buah karya Antonio Sinaga yan berjudul ‘Pandemonium Paradise’. Hasil penjualan karya ini akan disumbangkan ke Yayasan Kanker Payudara Indonesia.

Kemudian ada karya berjudul ‘Immortelle Field’ oleh Patricia Untario yang dipamerkan dalam sebuah ruang kaca. Bagi Anda yang suka fashion, jangan lupa lihat hasil peleburan fashion dan seni oleh Patrick Owen.

Art Jakarta 2017 secara spesial menggelar kompetisi video art yang telah memilih 10 finalis. Karya-karya mereka dapat masyarakat nikmati di ruang teater sebelum pintu keluar ballroom. Di dalam area pameran juga terdapat ruangan khusus yang menayangkan video art karya 18 orang seniman.

Anda juga akan dapat melihat langsung para seniman saat membuat karyanya seperti Isur Suroso, Shill, seniman asal Jepang Gaku Igarashi, dan seniman Amerika Douglas Diaz. Pengunjung Art Jakarta 2017 bisa melihat seniman-seniman ini mengerjakan karya seni mereka di sore hari. Kecuali Douglas yang hanya akan hadir pada Sabtu (29/7/2017).

Bekraf tidak mau ketinggalan ambil bagian dalam momen perayaan seni rupa ini. Bekrafmemilih 45 orang seniman di bawah usia 33 tahun dari seluruh Indonesia. Stan Bekraf akan langsung menyambut Anda saat memasuki area pameran utama.

Jangan ketinggalan untuk ikut serta Art Charity Auction atau lelang amal yang merupakan salah satu program yang paling ditunggu-tunggu di Art Jakarta. Ini adalah satu-satunya kesempatan di mana Anda dapat memiliki karya seni yang sangat unik sambil ikut menyumbang. Tahun ini hasil lelang akan disumbangkan ke ke Yayasan Mitra Museum Jakarta dan Jakarta Contemporary Ceramics Biennale.

Tidak hanya itu,33 orang seniman merespons tiga Samsung Galaxy Tab S3, tiga kulkas Modena, sepuluh sneakers, sepuluh set piring keramik, dan tujuh skateboard. Deretan seniman tersebut di antaranya Emte, Restu Ratnaningtyas, Kemal Ezedine, Hendra Hehe Harsono, Radi Arwinda, Aditya Novali, dan Naufal Abshar. (detik)

Kata kunci
Perlihatkan Lebih

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Lainnya

Close

Adblock Detected

Tolong matikan adblocker anda untuk tetap mendukung kami