Internasional

AS Ragu Suriah Patuhi Resolusi DK PBB Soal Gencatan Senjata

BTN iklan

NEW YORK – Duta Besar Amerika Serikat (AS), Nikki Haley menyatakan, pihaknya ragu Suriah akan mematuhi resolusi Dewan Keamanan (DK) PBB terbaru mengenai penerapan gencatan senjata di Suriah.

DK PBB dengan suara bulat mengadopsi sebuah resolusi yang mendesak semua pihak yang berkonflik untuk segera menghentikan semua bentrokan dan mematuhi jeda kemanusiaan jangka panjang di seluruh wilayah Suriah. Gencatan senjata ini memastikan masuknya bantuan kemanusiaan dan bantuan medis ke wilayah-wilayah di Suriah.

“Kami sangat skeptis bahwa rezim Presiden Suriah Bashar Assad akan mematuhi resolusi ini. Tapi kami mendukung resolusi ini, karena kami tidak perlu menuntut apapun. Kami berutang ini kepada orang-orang yang tidak bersalah di Suriah yang meminta pertolongan,” ucap Haley, seperti dilansir Sputnik pada Minggu (25/2).

Sementara itu, Duta Besar Suriah untuk PBB, Bashar Jaafari mengatakan bahwa resolusi DK PBB mengenai gencatan senjata selama 30 hari di Suriah harus dilaksanakan di seluruh negara, termasuk Afrin dan Dataran Tinggi Golan.

“Resolusi ini harus dilaksanakan di seluruh wilayah Suriah, termasuk Afrin, termasuk wilayah yang dikuasai oleh Amerika Serikat, termasuk Dataran Tinggi Golan,” ucap Jafari.

Diplomat tersebut mencatat bahwa pemerintah Suriah akan menanggapi setiap serangan terhadap warga sipil.

“Saya menekankan bahwa pemerintah kami berhak untuk merespons karena dengan tepat, jika kelompok teroris menyerang warga sipil di bagian manapun di Suriah bahkan dengan satu roket tunggal,” tukasnya.

Kata kunci
Perlihatkan Lebih

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

2 × two =

Baca Lainnya

Close

Adblock Detected

Tolong matikan adblocker anda untuk tetap mendukung kami