Internasional

ASEAN Dinilai Hanya Koar-Koar Saja Hadapi Tragedi Kemanusiaan Myanmar

BTN iklan

JAKARTA, (LEI) – ASEAN dinilai hanya melakukan politik “megaphopne” dalam menyelesaikan tragedi kemanusian warga Rohingya di Myanmar. Harus ada tindakan kongkret untuk menghentikan segala pelanggaran di sana.

“Kejadian ini sudah lama. ASEAN sendiri tak perna mengawal Burma menjadi lebih baik. Selama ini ASEAN hanya dalam tataran mengeluarkan pernyataan, namuan tak ada tindakan dalam menyelesaikan permasalahan di sana,” kata Direktur Eksekutif Lokataru, Haris Azhar, dilansir dari Okezone.

Mantan Koordinator Kontras ini menjelaskan, Myanmar sejak pergantian kepemimpinan dari militer ke sipil ternyata tak ada perbaikan. Kondisi perbaikan demokrasi hanya mengalami pergantian pemimpin saja, namun tak dibarengi perbaikan kondisi sistem politiknya.

“Pemimpinnya sudah baru, namun penataan demokrasi dan masyarakatnya masih mempunyai perspektif yang sama,” tegas Haris.

Haris menambahkan, permasalahan ataupun isu pemusnahan massal di Myanmar juga bukan barang baru. Semua seolah menjadi heboh ketika ada korban berjatuhan.

“Kejadian kemanusiaan sudah lama terjadi, namun negara-negara lain tak pernah serius turut serta memperbaiki. Bahkan ASEAN sendiri tak pernah mengawal Burma menjadi lebih baik,” tandasnya. [okezone]

Kata kunci
Perlihatkan Lebih

Tinggalkan Balasan

Baca Lainnya

Close

Adblock Detected

Tolong matikan adblocker anda untuk tetap mendukung kami