Internasional

Asia Kawasan Paling Stabil di Dunia

BTN iklan

Jakarta, LEI/Antara – Direktur Pers dan Hubungan Masyarakat “Mission of the People’s Republic of China to ASEAN”, Wang Zeliang menilai Asia menjadi kawasan yang paling stabil di dunia sehingga dapat berdampak positif bagi pembangunan.

Hal tersebut dia sampaikan dalam kegiatan diskusi di London School of Public Relationship (LSPR) di Jakarta, Jumat, terkait pembahan kondisi politik dan perekonomian dunia.

“Banyak pakar dunia yang menilai kemajuan ekonomi, politik, hubungan internasional, trennya berkembang ke Asia,” ujarnya, menjelaskan.

Dia mencontohkan, kawasan Eropa saat ini juga tengah menghadapi tantangan regional berupa membeludaknya pengungsi ke negara-negara di Eropa, ditambah dengan kejenuhan Inggris terhadap Uni Eropa yang berakhir dengan peristiwa “Brexit”.

Sedangkan untuk Timur Tengah, tuturnya melanjutkan, masih menghadapi situasi konflik, peperangan, dan segala macam hal yang menghalangi kestabilan keamanan di kawasan tersebut.

“Tidak salah jika para pakar dan pengamat dunia memiliki harapan besar dan pandangan positif terhadap Asia,” tukasnya, menambahkan.

Sehubungan dengan hal tersebut, berkembangnya China menjadi salah satu negara “Super Power” di kawasan Asia juga akan berdampak pada situasi hubungan diplomasi dengan negara-negara anggota ASEAN.

Wang menilai China dan ASEAN saling membutuhkan, terbukti dari catatan sejarah yang membuktikan telah ada hubungan dekat negara tersebut dengan ASEAN di masa lampau.

“Kita bisa memilih teman, tapi tidak bisa memilih tetangga. China dan ASEAN adalah tetangga, kita punya jejak sejarah sejak ratusan tahun lalu,” tegasnya.

Kata kunci
Perlihatkan Lebih

7 Komentar

Tinggalkan Balasan

Baca Lainnya

Close

Adblock Detected

Tolong matikan adblocker anda untuk tetap mendukung kami