InternasionalTekno

ASUS Tampilkan Motherboard WS Z390 Pro dengan Chip PCIe Bridges

BTN iklan

(LEI)-ASUS kembali menampilkan motherboard workstation, atau WS Series, terbaru mereka. Motherboard ini hadir dengan chipset Intel Z390, chipset yang baru diperkenalkan Intel. Motherboard itu disebut sebagai WS Z390 Pro dan hadir dengan dukungan penuh untuk Intel Core 9th Gen.

WS Z390 Pro ini akan hadir dengan form-factor ATX yang dipenuhi dengan berbagai fitur yang ditawarkan oleh ASUS. ASUS mempertahankan ciri khas nya untuk beberapa motherboard high-end nya, WS Z390 Pro akan hadir dengan konfigurasi VRM 8+2. Untuk suplai daya sendiri, motherboard ini akan memiliki 24-pin ATX, 2x 8-pin EPS dan 1x 6-pin PCIe power untuk memberikan daya ekstra kepada PCIe slot.

Hal yang menarik dari motherboard ini adalah terdapatnya PCI-Express 3.0 x48 bridge yang digunakan untuk menggandakan jumlah lane PCIe x16 untuk 2 buah slot PCIe. Pada umumnya, untuk motherboard dengan chipset Z Series, Intel hanya akan mengizinkan 1 buah slot PCIe x16 slot untuk dapat berjalan pada kecepatan maksimal PCIe Gen 3.0 x16. Namun, pada WS Z390 Pro ini Anda akan mendapatkan 2 buah PCIe x16 yang dapat berjalan pada kecepatan maksimal PCIe Gen 3.0 x16.

Anda akan melihat bahwa pada motherboard ini akan terdapat 4 buah slot PCIe x16, tetapi hanya 2 slot teratas yang dapat berjalan pada kecepatan penuh PCIe Gen 3.0 x16. Dua slot PCIe x16 lainya akan berjalan pada kecepatan PCIe Gen 3.0 x8. Dengan konfigurasi slot demikian, maka opsi konfigurasi yang terdapat adalah: x16/x16/NC/NC, x16/x8/x8/NC, dan x8/x8/x8/x8. Jika diperhatikan, bahwa motherboard ini masih memiliki sisa dari 16 PCie lanes, dengan 32 lainnya telah di konfigurasikan untuk PCIe slot. Ke-16 PCIe lane tersebut digunakan untuk konektivitas storage. Terdapat 2x U.2 slot dengan masing-masing PCIe x4 lanes, 2x M.2 slot dengan masing-masing PCIe x4 lanes, 6 port SATA III 6Gbps, dan 4 PCIe lane untuk slot PCIe x4 yang terdapat di motherboard.

Sebelumnya, penggunaan chip PCIe Bridges/Switches ini sudah cukup lama ada. Penggunaan PCIe bridges ini biasanya dinamakan dengan menggunakan chip PLX. Hal ini sudah mulai terlihat bahkan pada saat jaman motherboard Intel dengan chipset X58. Trend penggunaan PLX ini masih berlanjut hingga chipset Z170 tahun 2015 lalu. ASUS WS Z390 Pro ini terlihat sedikit berbeda karena memang penggunaan PCIe bridges ini sudah sangat jarang ditemui. Penggunaan PCIe Bridges ini sangatlah spesifik untuk pengguna yang ingin menggunakan PCIe lanes lebih dari x16 pada platform mainstream. Namun, dibalik itu jika memang Anda hanya menggunakan sebuah PCIe slot untuk graphics card, Anda akan mendapatkan penalty latency yang dihasilkan oleh PCIe Bridges. (jagatreview)

Kata kunci
Perlihatkan Lebih

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Related Articles

Close