Liputan

AUSTRALIA-IBM LUNCURKAN APLIKASI PENGHITUNG KATAK UNTUK DALAMI POPULASI

BTN iklan

Sidney,(Lei) – Museum di Australia bekerja sama dengan raksasa komputer International Business Machines Corp (IBM) untuk menghitung jumlah katak asli negara tersebut dan ingin penggemar amfibi itu ambil bagian.

Museum Australia dan IBM mengatakan mengembangkan aplikasi telepon saku pintar pertama di dunia, yang dirancang khusus untuk memungkinkan penggunanya merekam dan melaporkan suara panggilan katak tanpa mengganggu mereka.

Australia memiliki 240 jenis katak asli dan museum tersebut ingin menggunakan aplikasi “FrogID” untuk mengenali sejumlah jenis katak, yang diyakini masih belum terkenali.

“Salah satu hal keren tentang hal ini adalah Anda bisa mengamati kodok hanya dengan mendengarkan,” kata Jodi Rowley, kurator museum hayati pelestarian amfibi dan reptil.

“Ini sebenarnya jauh lebih akurat daripada foto, dan foto justru mendorong orang untuk mengganggu katak,” kata Rowley menambahkan. Ia mencatat bahwa setiap spesies katak memiliki panggilan unik.

Jumlah katak menurun di seluruh dunia dan katak Australia sangat rentan karena mengalami gangguan gabungan, seperti, perubahan iklim, polusi, spesies dari luar dan pembangunan perkotaan, kata Departemen Lingkungan dan Energi Australia.

Menurut Undang-Undang Perlindungan Lingkungan dan Konservasi Keanekaragaman Hayati, empat spesies katak dinyatakan sudah punah, lima lainnya terancam punah, 14 berpotensi punah dan 10 lainnya dalam kerentanan.

Ilmuwan mengatakan bahwa kehadiran katak dalam ekosistem merupakan pertanda kesehatan lingkungan yang baik, namun amfibi kecil sangat peka terhadap perubahan di habitat mereka.

Rowley mengatakan bahwa dia berharap orang yang berkemah, pejalan kaki dan para pecinta alam lainnya akan membantu penelitian ini, namun dia mencatat bahwa bahkan kolam ikan di halaman belakang rumah yang sederhana pun dapat memberikan data berharga.

“Mungkin dapat memudahkan kita untuk mengetahui daerah pinggiran yang benar-benar bagus untuk habitat katak, mengapa mereka bagus dan mudah-mudahan membantu menciptakan lebih banyak habitat ramah bagi spesies ini di pinggiran kota,” katanya.

Rowley mengatakan bahwa orang amatir yang merekam suara katak yang sebelumnya tidak diketahui bahkan dapat membantu menemukan spesies baru atau menentukan apakah ada spesies pendatang yang tidak diketahui.

“Semua itu akan membantu kita, dan membantu Australia, memastikan bahwa katak tidak sedang dalam masalah,” katanya. (Antara/Reuters)

Kata kunci
Perlihatkan Lebih

Tinggalkan Balasan

Baca Lainnya

Close

Adblock Detected

Tolong matikan adblocker anda untuk tetap mendukung kami