Liputan

Bank Agar Ungkap Panama Papers

BTN iklan

HONG KONG,Lei – Regulator di Hong Kong dan Singapura meminta seluruh bank yang beroperasi di kedua negara itu untuk mengungkap hubungan antara pihak bank dan para individu serta entitas yang disebutkan dalam bocoran Panama Papers.

Dokumen yang bocor dari firma hukum Panama Mossack Fonseca dan berisi informasi tentang 214.000 perusahaan offshore, mengungkapkan bahwa Hong Kong merupakan kawasan yang paling aktif di dunia dalam hal penciptaan perusahaan ‘cangkang’ yang sebenarnya sah tetapi sering digunakan untuk menyembunyikan aset dan menghindari pajak.

Menurut dua sumber internal, Otoritas Moneter Hong Kong (HKMA) dan Otoritas Moneter Singapura (MAS) mengirimkan surat kepada bank-bank pada April 2016. Kedua bank sentral tersebut tidak menetapkan batas waktu perusahaan untuk merespons surat tersebut.

Salah satu sumber, yang telah melihat surat yang dikirim ke industri perbankan di Hong Kong, mengatakan surat tersebut berisi permintaan kepada bank untuk menjelaskan tentang hubungan mereka dengan daftar 16 entitas dan 18 nama yang tertera di Panama Papers.

Bankir yang beroperasi di Hong Kong mengatakan bahwa Panama Papers meningkatkan upaya kepatuhan kepada regulasi di negara itu.  Sebagian besar bank dengan berhati-hati menyisir melalui rekening mereka untuk memastikan tidak ada masalah.

HKMA menyatakan bahwa pihaknya secara teratur mengumpulkan informasi dari bank tentang berbagai masalah atau risiko yang berkaitan dengan tindak pidana pencucian uang atau pendanaan terorisme, tetapi tidak bisa membahas perincian pihak yang berurusan dengan otoritas tersebut.

Sementara itu, MAS tidak memberikan keterangan terbaru mengenai hal itu tetapi Otoritas Moneter Singapura itu dalam pernyataan resminya pada Selasa (10/5), menyatakan  mereka tengah mengkaji informasi yang dirilis dari Panama Papers.

“Jika ada bukti kesalahan oleh setiap individu atau badan di Singapura, kita tidak akan ragu untuk mengambil tindakan pengawasan dan penegakan tegas,” ujar MAS dalam pernyataannya.

KAJI INFORMASI

Sementara itu, beberapa bank besar yang berada di bawah yurisdiksi HKMA dan MAS menolak untuk memberikan keterangan mengenai hal ini.

Menurut dua sumber tadi, HKMA dan MAS mencoba untuk memastikan apakah bank yang beroperasi di wilayah hukum mereka melakukan upaya memeriksa sumber pendanaan ketika berhadapan dengan klien yang namanya disebut dalam dokumen Panama Papers. Sumber yang sama mengatakan bahwa beberapa bank di Singapura telah merespon permintaan MAS.

Bocornya dokumen Panama Papers telah menempatkan upaya penghindaran pajak di posisi teratas dari agenda global dan menunjukkan sejauh mana negara-negara surga pajak telah digunakan oleh politisi dan pengusaha di seluruh dunia.

Selain Hong Kong, Singapura dan kantor Mossack di China termasuk di antara kantor tersibuk untuk firma tersebut yang bekerja sama dengan lebih dari 2.200 bank, firma hukum, sekretaris perusahaan dan perantara lainnya di wilayah itu.(bisnis.com)

Perlihatkan Lebih

Tinggalkan Balasan

Baca Lainnya

Close

Adblock Detected

Tolong matikan adblocker anda untuk tetap mendukung kami