Ekonomi

Bank Muamalat Segera Lakukan Ekspansi Pasca Rights Issue

BTN iklan

JAKARTA, (LEI) – PT Minna Padi Investama Sekuritas Tbk mengambil 51 persen saham PT Bank Muamalat Indonesia Tbk melalui skema penerbitan saham baru dengan hak memesan efek terlebih dahulu (HMETD) atau rights issue.

Pelaksana tugas Direktur Utama Muamalat, Purnomo B. Soetadi, mengatakan suntikan modal baru akan dipakai untuk memperbesar bisnis dan usaha bank syariah pertama di Indonesia itu.

Kepada pihak Antara kemarin, Purnomo mengatakan bahwa para pemegang saham telah menyetujui rights issue sebanyak-banyaknya 80 miliar lembar saham. “Minna Padi, baik sendiri maupun bersama-sama dengan investor lain akan menjadi pembeli siaga (stand-by buyer).” katanya.

Minna Padi, Purnomo menegaskan akan memperbaiki kinerja Muamalat baik untuk jangka pendek maupun jangka panjang. Namun transaski rights issue itu masih dalam proses, sehingga modal baru belum memengaruhioperasi dan bisnis Muamalat.

“Pengambilan bagian atas saham baru itu akan efektif setelah disetujui Otoritas Jasa Keuangan (OJK),” lanjutnya.

Melalui keterbukaan informasi di Bursa Efek Indonesia, pada Rabu lalu manajemen Minna Padi mengumumkan rencananya untuk mengambil 51 persen saham Bank Muamalat dengan potensi nilai transaksi sebesar Rp 4,5 triliun.

“Minna Padi bermaksud untuk menjadi pemegang saham dengan cara bertindak sebagai pembeli siaga dalam HMETD,” kata Direktur Utama Minna Padi, Djoko Joelijanto. Menurutnya, nilai transaksi itu setara dengan sekurang-kurangnya 57 persen dari seluruh modal yang ditempatkan dan disetor oleh Bank Muamalat.

Tahun lalu, Bank Muamalat juga mendapat suntikan modal kategori tier 1 dari para pemegang saham. Dirut Bank Muamalat, Endy Abdurrahman, perseroan akan berfokus pada retail dan consumer banking, salah satunya dengan memperbesar porsi penyaluran kredit perumahan rakyat (KPR). Bank Muamalat juga meningkatkan tabungan haji dan umrah.

*Artikel ini pernah dimuat di Tempo edisi cetak

Kata kunci
Perlihatkan Lebih

2 Komentar

  1. My programmer is trying to convince me to move to .net from PHP.

    I have always disliked the idea because of the expenses.
    But he’s tryiong none the less. I’ve been using Movable-type
    on a number of websites for about a year and am concerned about switching
    to another platform. I have heard very good things about blogengine.net.
    Is there a way I can import all my wordpress content into it?

    Any help would be greatly appreciated!

Tinggalkan Balasan

Baca Lainnya

Close

Adblock Detected

Tolong matikan adblocker anda untuk tetap mendukung kami