BTN iklan
Liputan

BAPPENAS: Pinjaman Luar Negeri Belum Tentu Buruk

Jakarta, LEI/Antara – Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) menilai pinjaman luar negeri belum tentu menjadi opsi yang buruk terutama untuk membiayai pembangunan infrastruktur.

“Sepuluh tahun terakhir kita anti-pinjaman luar negeri kan, padahal belum tentu buruk. Karena pinjaman luar negeri kan bunganya masih di bawah 5 persen, sedangkan bond (surat utang negara/SUN) kita yield-nya 10 persen,” kata Direktur Keuangan Negara dan Analisa Moneter Kementerian Bappenas Sidqy L P Suyitno saat ditemui di Kantor Pusat Bappenas, Jakarta, Selasa.

Sidqy menuturkan, komposisi SUN sendiri saat ini sebanyak 40 persen sudah dimiliki asing. Padahal, batas aman komposisi asing dalam obligasi pemerintah dinilai berada di kisaran 20 persen.

Menurut Sidqy, kendati SUN dinilai memiliki ‘zero risk’ atau nyaris tanpa risiko, namun jika ada guncangan ekonomi global, arus dana keluar (capital outflow) tetap akan sulit dicegah. Di pasar modal sendiri, yang rentan terhadap terjadinya capital outflow, komposisi dana yang dimiliki asing bahkan mencapai 60 persen dari sekitar Rp4.000 triliun.

“Itu Rp2.300 triliun (60 persen dana asing di pasar modal) yang sedetik bisa terbang semua. Kalau SUN kan tidak, tapi kalau ada ‘proxy war’ (perang proksi) ya bisa aja pemerintah asing nekan kita. Asing selalu punya kepentingan,” ujar Sidqy.

Oleh karena itu, lanjutnya, pinjaman luar negeri jangan terlalu dianggap sebagai pilihan yang buruk, apalagi jika pemerintah memang membutuhkan dana besar untuk pembangunan infrastruktur.

“Tapi yang jelas untuk pinjaman, kita sedang menengok pinjaman yang ‘project loan’, pinjaman untuk proyek infrastruktur,” kata Sidqy.

Posisi Utang Luar Negeri (ULN) Indonesia sendiri pada Februari 2016 mencapai 311,5 miliar dolar AS. ULN Indonesia didominasi oleh ULN sektor swasta sebesar 164,6 miliar dolar AS (52,8 persen dari total ULN). Sedangkan ULN sektor publik pada akhir Februari 2016 mencapai 146,9 miliar dolar AS (47,2 persen dari total ULN).

Kata kunci
Perlihatkan Lebih

4 Comments

  1. selamat siang, namaku mrs. aisha bukafia, tolong, saya ingin berbagi kesaksian hidup saya yang sebenarnya di sini di platform ini untuk semua warga negara indonesia untuk berhati-hati dengan pemberi pinjaman di internet, Tuhan telah benar-benar mendukung saya melalui ibu yang baik Mrs. Emiliana

     Setelah beberapa waktu mencoba mendapatkan pinjaman dari lembaga keuangan, dan ditolak terus, jadi saya memutuskan untuk mengajukan pinjaman online tetapi saya ditipu dan saya kehilangan 15 juta, kepada seorang wanita di arab saudi.

    Saya menjadi sangat putus asa dalam mendapatkan pinjaman, jadi saya berdiskusi dengan seorang teman saya yang kemudian intorduce saya untuk Mrs Emiliana, yang adalah pemilik organisasi pinjaman global, jadi teman saya meminta saya untuk mengajukan permohonan dari Mrs. Emiliana, jadi saya membangkitkan keberanian dan menghubungi Nyonya Emiliana.

    Saya mengajukan permohonan untuk jumlah pinjaman 400 juta dengan tingkat bunga 2%, sehingga pinjaman disetujui dengan mudah tanpa stres dan semua persiapan dilakukan dengan transfer kredit, karena fakta bahwa itu tidak memerlukan jaminan dan jaminan untuk pengalihan pinjaman, saya hanya diberitahu untuk mendapatkan sertifikat perjanjian lisensi mereka untuk mentransfer kredit saya dan dalam waktu kurang dari dua jam uang pinjaman telah disetorkan ke rekening bank saya.

    Saya pikir itu adalah lelucon sampai saya menerima panggilan dari bank saya bahwa akun saya telah dikreditkan dengan jumlah 400 juta. Saya sangat senang bahwa akhirnya Allah telah menjawab doa saya dengan memesan meminjamkan saya dengan pinjaman asli saya, yang telah memberi saya keinginan hati saya.

    Semoga Allah memberkati Ibu Emiliana karena membuat hidup adil bagi saya, jadi saya menyarankan siapa pun yang tertarik untuk mendapatkan pinjaman agar menghubungi Ibu Emiliana melalui email: [email protected]

    untuk pinjaman Anda

    Akhirnya saya ingin mengucapkan terima kasih kepada Anda semua karena meluangkan waktu untuk membaca kesaksian hidup saya yang sebenarnya tentang kesuksesan saya dan saya berdoa Tuhan akan melakukan kehendak-Nya dalam hidup Anda.
    satu lagi nama saya mrs aisha bukafia, Anda dapat menghubungi saya untuk informasi lebih lanjut melalui email saya: [email protected]

  2. BBM INVITE::::{E3B17840}

    Selamat Datang di HALO MONEY LENDERS kami memberikan pinjaman dengan persentase tingkat bunga yang sangat rendah dan lebih murah yang Anda perlukan dalam bentuk pinjaman apa pun karena Anda telah mencari melalui celah dan celah dunia namun tidak ada kreditur sejati yang mampu dan atau mampu memberi Anda? cari lagi karena pinjaman kami selalu disetujui dalam waktu yang sangat singkat dan kami memproses semua pinjaman dengan sedikit kertas kerja. Kabar baiknya adalah bahwa pinjaman kami disetujui tanpa menuntut bentuk jaminan keamanan apa pun sehingga kami sangat transparan dan tidak mementingkan diri dalam layanan kami. Jika Anda telah membaca kualitas kami dan mereka sangat sesuai dengan kepuasan Anda silahkan cepat dan hubungi kami melalui surat ([email protected]) InshyAllah kami memiliki solusi untuk semua kondisi keuangan Anda seperti hutang, dana untuk proyek, inisiatif bisnis, memenuhi tagihan mendesak Anda semua ini dan masih banyak lagi

  3. GLOBAL FUND FOUNDATION : PEMIMPIN DALAM LAYANAN KEUANGAN

    GLOBAL FUND FOUNDATION adalah penyedia layanan keuangan berskala nasional, tetapi kami melihat diri kami sedikit lebih dari itu.

    LEBIH DARI SEKEDAR PENYEDIA LANYANAN KAMI ADALAH MITRA ANDA
    Untuk individu: Ketika datang ke pembiayaan, kami melampaui. Kami tidak hanya melihat angka-angka, kami membangun hubungan yang panjang dan berkelanjutan dengan klien kami. Pendekatan “pelanggan pertama” kami adalah alasan yang membuat pelanggan datang kembaAli.

    Untuk bisnis: Kami melihat diri kami sebagai mitra bisnis Anda. Baik Anda memerlukan hipotek komersial untuk pembelian lahan baru atau uang muka kecil untuk memfasilitasi persyaratan arus kas Anda, kami adalah jaringan layanan keuangan yang masuk ke Kanada.

    KAMI TAHU APA ITU MENGAMBIL.
    Bank tidak melihat Anda apa adanya, mereka bekerja demi keuntungan dan memperlakukan Anda seperti komoditas perdagangan. Kami tahu apa yang diperlukan untuk membuat klien kami senang dan itulah sebabnya kami menjamin layanan VIP untuk semua pelamar kami. Lupakan janji dan jadwal perbankan yang tidak fleksibel; kami selalu tersedia dan siap membantu Anda.

    KITA MENYELESAIkAN PEKERJAAN
    Ada alasan mengapa klien kami terus datang kembali. Kami memiliki layanan pelanggan terbaik di negara ini, reputasi terbaik dan waktu perputaran tercepat. Kenapa pergi ke tempat lain?

    KAMI MEMILIKI SEMUA KEUNGGULAN.
    Volume, keahlian, layanan pelanggan, berbagai mitra pemberi pinjaman dan hubungan yang tak tertandingi: persyaratan untuk tingkat persetujuan aplikasi tertinggi – semuanya dimanfaatkan hanya untuk Anda.

    Setiap orang disambut untuk melakukan bisnis dengan kami, kami tidak keberatan dengan nilai kredit Anda, semua orang diperlakukan sama

    GMAIL:: [email protected]

    sama sama

  4. Pesan dari “D Rupiah Lord”

         Resmi {UNIT KREDIT DAYA LESTARI} afiliasi dari
                     {ISKANDAR LESTARI KREDIT PERSATUAN}

    Jika Anda berpikir Anda sudah memiliki cukup dari perusahaan pinjaman online karena Anda telah ditipu sebelum Anda berbohong karena akhir dari kesulitan keuangan Anda memang berakhir sebagai pemberi pinjaman yang akan mengakhiri kekeringan finansial Anda dan kelaparan di sini karena mereka menawarkan pinjaman yang dirancang untuk membawa terobosan keuangan kepada Anda teman-teman keluarga Anda dan tentu saja organisasi Anda karena jumlah terendah yang dipinjamkan adalah Rp30.000.000,00 jika Anda berasal dari Indonesia dan juga Anda dapat mengajukan pinjaman sebesar Miliaran dan juga dengan bunga rendah semua menawarkan untuk mengekang ekses kemiskinan dan kesulitan keuangan karena kami memiliki banyak dan banyak klien dan pelanggan di INDONESIA, MALAYSIA, BANGLADESH, UK, USA dan negara-negara ASIA, EROPA lainnya harap tidak ditinggalkan dalam kereta yang sedang bergerak
       Sebagai Tuhan Rupiah saya dapat membuktikan fakta bahwa saya benar-benar mendapat pinjaman dari Ibu dan saya dapat memberitahu Anda bahwa prosesnya sangat fleksibel, transaksi stabil karena saya bermaksud untuk menghadirkan
    Data pribadi
    KTP
    Nomor rekening bank
    Pernyataan Akun saya untuk mendeteksi jumlah yang dapat diakomodasi akun saya
      Dan juga saya dibuktikan oleh Manajemen serta Direksi, seorang pemohon yang tidak pailit sebelum pinjaman saya disetujui
       Harap jangan meragukan saya karena saya memiliki bukti transfer yang dibuat dan saya akan mengungkapkannya hanya kepada pelamar yang serius
     ini adalah mata uang yang mereka perdagangkan {€, IDR, ₲, RM, $, Kč, £, R $, ₩, ¥, zł, R $} semua ini dan banyak lainnya
       Yang harus Anda lakukan hanyalah untuk menghubungi Ibu melalui alamat kontak di bawah ini
    BBM INVITE: {D8980E0B}
    Gmail: {[email protected]}
    https://www.facebook.com/iskandar.lesteri.7
    Situs web {iskandarlestari.wordpress.com}

Komentar Anda...

Related Articles

Close
Close