Multifinance

Baru Kospin Jasa, Koperasi Ditunjuk Salurkan KUR

BTN iklan

Jakarta, LEI – Kospin Jasa, merupakan satu-satunya koperasi yang telah ditetapkan bisa menyalurkan Kredit Usaha Rakyat (KUR) kepada pelaku KUMKM. Pemerintah menargetkan koperasi ini bisa menyalurkan KUR mulai Maret mendatang.

“Satu-satunya koperasi penyalur KUR di Indonesia hanyalah Kospin Jasa, cuma harus ditingkatkan lagi,” kata Menteri Koperasi dan UKM, Anak Agung Gede Ngurah Puspayoga, saat meresmikan Kantor Cabang Kospin Jasa di Denpasar, Bali, Sabtu malam (25/2)

Menurut Puspayoga, tidak banyak koperasi di Tanah Air yang bisa tumbuh dan berkembang dengan baik. Misalnya, dari sekitar 209 ribu, 62 ribu koperasi di antaranya terpaksa dibubarkan karena dinyatakan tidak aktif.

“Berbeda halnya dengan Kopspin Jasa, koperasi yang berpusat di Kota Pekalongan, Jawa Tengah itu telah berkembang pesat hingga layak disejajarkan dengan perbankan nasional,” kata Puspayoga dalam keterangan persnya.

Ia menambahkan, “Kospin Jasa sudah ikut menjadi penyalur KUR. Itu artinya dia sehat, omsetnya tinggi, IT-nya bagus. Ini contoh koperasi yang kita harapkan,” tandasnya.

Pemerintah membutuhkan waktu tiga bulan untuk menyiapkan Kospin Jasa sebagai penyalur KUR. Saat ini, tinggal menunggu penyelesaian Sistem Informasi Kredit Program (SIKP). Renacana, Kospin Jasa ditargetkan resmi menyalurkan KUR Maret nanti.

“Semuanya proses mudah-mudahan Maret sudah bisa lakukan. Ini tiga bulan persiapanannya, termasuk cepat sekali. Kalau perbankan bisa enam bulan,” kata Braman Setyo, Deputi Bidang Pembiayaan, Kemenkop UKM.

Sebelumnya, Puspayoga telah menyerahkan secara simbolis KUR Kospin Jasa kepada anggotanya saat acara HUT Koperasi itu ke-43. Hal tersebut ditandai dengan penyerahan piagam penghargaan kepada Ketua Kospin Jasa, Andi Arslan Djunaid, sebagai koperasi pertama penyalur KUR.

Sementara proses verifikasi terhadap 32 koperasi calon penyalur KUR terus dilakukan. Braman mengakui sejauh ini ada tiga koperasi yang potensial, masing-masing koperasi berasal dari Kalimantan Barat, Sulawesi Selatan, dan Nusa Tenggara Tengah (NTT). “Ini on process. Verifikasi tetap kita lakukan. Ini calon penyalur yang akan kita rekomendasikan,” ujar Braman.

Ketua Umumum (Ketum) Kospin Jasa, Andy Arslan Djunaid, berharap target pada bulan Maret nanti Kospin menyalurkan KUR tidak meleset, karena manajemen dan sistem yang dimiliki telah memenuhi syarat untuk menyalurkan KUR tersebut.

“Mudah-mudahan, karena untuk KUR ini kan terkait dengan Kementerian Lembaga yang lain seperti BI, OJK, Kemenkeu, Kemenko Perekonomian, dan sebagainya,” kata Andy.

Kospin Jasa sebagai salah satu koperasi yang paling siap menjadi penyalur KUR dengan dukungan penuh dari Kemenkop UKM. Apabila sudah bisa direalisasikan, maka 133 kantor cabang Kospin Jasa di daerah siap bergerak.

“Kami siap karena sehari-hari kami menyalurkan pinjaman kepada UKM juga. Jadi pada prinsifnya ini tidak terlalu asing, ini sudah kita jalankan bertahun-tahun,” tandasnya.

Hadir dalam acara peresmian ini Ketua Umum Kospin Jasa Andy Arslan Djunaid, Deputi bidang Pembiayaan Braman Setyo, Deputi bidang Pengawasan Suparno, Walikota Pekalongan Achmad Alf Arslan Djunaid, dan Kadis KUKM Provinsi Bali Dewa Nyoman Patra.

Kata kunci
Perlihatkan Lebih

Tinggalkan Balasan

Baca Lainnya

Close

Adblock Detected

Tolong matikan adblocker anda untuk tetap mendukung kami