Hukum

Basaria: Tak Mungkin Gabungkan Penyidikan dan Penuntutan di Densus Tipikor

BTN iklan

Jakarta, LEI – Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Basaria Panjaitan, menilai tidak mungkin penyidikan dan penuntutan disatukan dalam satu atap di Detasemen Khusus Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi (Densus Tipikor).

“Sudah barang tentu ini tidak mungkin digabung satu dengan penuntut, itu kembali zaman dulu lagi,” kata Basaria di KPK, Jakarta, Selasa (24/10/2017).

Basaria mengaku belum mendapat informasi soal bentuk Densus Tipikor Polri, termasuk apakah Densus Tipikor mempunyai penyidik dan anggaran tersendiri untuk mengusut kasus-kasus korupsi.

“Kita belum tahu ya, Densus bentuknya apa, kita belum diinformasikan. Apakah dalam Densus (detasemen khusus) yang memang ditingkatkan kapasitasnya dengan anggaran oleh penyidik sendiri,” ujarnya.

Sedangkan disinggung pernyataan Kapolri Jenderal Pol Tito Karnavian, bahwa Densus Tipikor ini mirip KPK, Basaria mengaku belum mengetahui. “Saya belum dengar itu mirip-mirip dengan KPK,” katanya.

Apapun bentuknya, lanjut Basaria, sepanjang itu memperkuat tugas dan fungsi kepolisian dan kejaksaan serta lembaga lainnya untuk memberantas dan mencegah korupsi, KPK tentunya memberikan dukungan penuh.

“Nanti pasti gini, apapun bentuknya, sepanjang memperkuat kepolisian, memperkuat kejaksaan dan memperkuat penyidik lainnya yang ada di penyidik PNS yang ada di kementerian dan Bea Cukai,” katanya.

Kalau lembaga-lembaga di luar kejaksaan dan kepolisian juga membuat Satgas, menurut Basaria, itu sangat baik. “Di pajak, pemberantasan korupsi khusus untuk itu, itu bagus. Jadi prinsipnya, kami setuju selama itu memperkuat pemberantasan korupsi,” katanya.

Sedangkan soal adanya pandangan bahwa pembentukan Densus Tipikor tersebut untuk menggeser dan membubarkan KPK, Basaria menyampaikan, arahnya bukan ke sana. “Tadi sudah katakan, semakin banyak yang memerangi korupsi, itu semakin baik,” katanya.

Basaria melanjutkan, kita harus berpikir positif tentang niat pembentukan Densus Tipikor. “Jangan berpikir nanti KPK dibubarkan, ya ndak lah. KPK masa dibubarkan, semakin mereka bagus, tentu tugas KPK semakin ringan. Semakin banyak mengerjakan sesuatu pekerjaan, ini semkin pekerjaan semakin ringan,” katanya.

Kata kunci
Perlihatkan Lebih

Tinggalkan Balasan

Baca Lainnya

Close

Adblock Detected

Tolong matikan adblocker anda untuk tetap mendukung kami