HukumPKPU

BBNI Usulkan Pengurus Tambahan Proses PKPU Namasindo Plas

BTN iklan

Jakarta, LEI – PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk. mengusulkan pengurus tambahan dalam proses penundaan kewajiban pembayaran utang (PKPU) PT Namasindo Plas.

Pasalnya, bank bersandi saham BBNI itu ingin memastikan proses PKPU berjalan sesuai dengan koridor hukum yang ada.

Kuasa hukum PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk. Suwandi mengatakan, pihaknya merupakan kreditur lain dari perkara No.1/Pdt.Sus-PKPU/2018/PN.Jkt.Pst. Oleh karena itu, BBNI memiliki hak untuk turut andil dalam proses PKPU yang masih bergulir.

“Kami masuk sebagai kreditur lain yang bersifat separatis. Jadi, kami berhak untuk mengusulkan nama pengurus,” katanya usai persidangan, Rabu (24/1).

Pengurus tambahan yang diajukan oleh BBNI dilakukan ketika proses persidangan masih dalam tahap kesimpulan.

Namun demikian, Suwandi enggan menyebutkan siapa nama pengurus yang diusulkan oleh bank pelat merah itu. Adapun seluruh pertimbangan dan putusan, dia serahkan kepada majelis hakim.

Apalagi, BBNI tercatat memegang tagihan sebesar Rp1,7 triliun. Nilai piutang tersebut diklaim terbesar di antara kreditur lainnya.

Bukti tagihan pun telah diserahkan kepada majelis hakim yang diketuai oleh Titiek Tedjaningsih. Bukti itu, antara lain berupa akta perjanjian kredit dan nilai outstanding fasilitas kredit yang dikucurkan.

Suwandi menuturkan, usulan pengurus tambahan itu tidak menabrak aturan apapun. Pasalnya, PT Namasindo Plas (termohon PKPU) dalam jawabannya juga telah mengakui memiliki utang kepada BBNI sebesar Rp1,7 triliun.

PT Namasindo Plas juga menyebutkan BBNI merupakan salah satu dari dua perusahaan pemegang tagihan terbesar.

Untuk diketahui, persidangan telah masuk agenda Kesimpulan. Namun agenda ditunda lantaran masuknya BBNI di tengah-tengah proses persidangan. Sidang selanjutnya akan digelar pada Kamis, 25 Januari dengan agenda jawaban Namasindo Plas atas BBNI.

PT Namasindo Plas sendiri diajukan PKPU oleh salah satu pemasoknya PT Mbresindo. PT Mbresindo mengklaim memiliki tagihan Rp3,78 miliar. Dalam permohonannya, Mbresindo mengusulkan tiga nama tim pengurus yang terdiri dari Akhmad Henry Setyawan, Uli Ingot Hamonangan, dan Syahdan Hutabarat.

Apabila usulan BBNI diterima, maka perseroan yang dinahkodai oleh Achmad Baiquni ini dapat menambah satu nama pengurus untuk mengelola PKPU PT Namasindo Plas. Tentunya dengan syarat permohonan PKPU dikabulkan oleh majelis hakim.

Di sisi lain, perusahaan botol plastik PT Namasindo Plas mempersilakan BBNI untuk mengusulkan pengurus tambahan. Namun demikian, perseroan tetap berpatokan dengan ketentuan hukum yang berlaku.

Kuasa hukum PT Namasindo Plas Aji Wijaya mengatakan pihaknya tidak dalam kapasitas menolak atau menerima usulan BBNI. “Kami kembalikan kepada ketentuan normatifnya saja. Kami pihak yang dimohonkan PKPU taat dan tunduk kepada peraturan perundang-undangan,” katanya, Rabu (24/1).

Aji menuturkan, dalam UU No.37/2004 tentang Kepailitan dan PKPU sebenarnya jelas diatur siapa saja yang boleh mencalonkan pengurus dalam proses permohonan PKPU. Apalagi, persidangan masih berproses dan belum ada putusan PT Namasindo Plas dinyatakan dalam masa PKPU.

Selain itu, undang-undang juga tegas mengatur siapa saja yang dapat mengusulkan penambahan atau perubahan pengurus setelah debitur berada dalam masa PKPU. “Kami ikuti aturan saja,” ungkapnya.

Meski demikian, Aji menyebutkan hubungan antara Namasindo dan BBNI baik-baik saja.

Sebelumnya, Aji mengakui bahwa Namasindo memiliki dua kreditur terbesar yaitu BBNI dan perusahaan asal Hongkong SC Lowy. Tak tanggung-tanggung jumlah utang ke BBNI Rp1,7 triliun dan SC Lowy Rp1,5 triliun.

Dia menjelaskan, kedua kreditur pemegang tagihan mayoritas itu berpesan agar Namasindo tetap beroperasi dan memenuhi kebutuhan pasar.

Oleh karena itu, Namasindo berjanji tidak menyetop usaha dan tetap mengekspor hasil produksi.

PT Namasindo Plas merupakan produsen polycarbonate (PC) asal Bandung yang didirikan sejak 2001. Produknya mencakup botol polythylene terephthalate (PET), penutupan, dan PC botol galon. Perusahaan menyuplai botol untuk minuman kemasan merek ternama di Tanah Air.

[contact-form][contact-field label=”Name” type=”name” required=”true” /][contact-field label=”Email” type=”email” required=”true” /][contact-field label=”Website” type=”url” /][contact-field label=”Message” type=”textarea” /][/contact-form]

Kata kunci
Perlihatkan Lebih

3 Comments

  1. Thanks for ones marvelous posting! I genuinely enjoyed reading it, you may be a
    great author. I will ensure that I bookmark your blog and may come
    back in the future. I want to encourage one to continue your great posts, have a nice morning!

  2. It’s appropriate time to make some plans for the future and
    it is time to be happy. I’ve read this post and if I could I desire to suggest
    you some interesting things or tips. Perhaps you could write
    next articles referring to this article. I want to read
    more things about it!

  3. Thanks , I’ve recently been looking for information about this
    topic for ages and yours is the best I’ve discovered till now.
    But, what about the bottom line? Are you certain about the source?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Lainnya

Close

Adblock Detected

Tolong matikan adblocker anda untuk tetap mendukung kami