Begini Susahnya FBI vs Keamanan Smartphone yang Makin Canggih – Legal Era Indonesia
Teknologi

Begini Susahnya FBI vs Keamanan Smartphone yang Makin Canggih

JAKARTA, (LEI) – Zaman makin maju, sudah seharusnya fitur keamanan makin ditingkatkan. Terutama untuk smartphone. Saking amannya, hingga membuat Biro Investigasi AS (FBI) kerepotan ketika hendak memeriksa barang bukti milik pelaku kejahatan.

“Tahun lalu, FBI tidak bisa mengakses sebagian besar dari perangkat elektronik milik pelaku kejahatan untuk mencari barang bukti,” ujar Christopher Wray (Direktur FBI).

FBI memang mendapatkan izin dari pengadilan untuk memeriksa seluruh isi perangkat smartphone milik pelaku. Tapi FBI sendiri sangat kesulitan memecahkan kode keamanan smartphone.

Bahkan beberapa waktu yang lalu, FBI sempat ribut dengan pihak Apple hingga berperkara ke pengadilan. Karena Apple tak bersedia membuka enkripsi iPhone milik tersangka.

HIngga kini tercatat oleh FBI ada 7.775 buah perangkat yang tak bisa mereka buka kode keamanannya. Ini berdampak terhambatntya FBI dalam melakukan penyelidikan karena tidak bisa mendapatkan bukti yang kuat untuk memberi hukuman pada para pelaku kejahatan.

“Kami tak dapat mengakses bukti tersebut walau sudah mengantongi kewenangan yang sah untuk melakukannya,” katanya. Wray mengatakan saat ini para penjahat menggunakan aplikasi terenkripsi sehingga membuat FBI kesulitan memantau komunikasi, sekalipun sudah mengantongi perintah pengadilan.

iklan btn

Click to comment

Komentar Anda...

To Top