BEI Berencana Selenggarakan Festival Pasar Modal Syariah – Legal Era Indonesia
Finansial

BEI Berencana Selenggarakan Festival Pasar Modal Syariah

Bagikan ke:

Jakarta-LEI – Bursa Efek Indonesia (BEI) berencana menyelengarakan festival pasar modal syariah pada akhir dalam rangka meningkatkan minat dan keyakinan masyarakat tentang produk investasi di dalam negeri.

“Melalui festival pasar modal syariah, diharapkan pemahaman calon investor tetang produk pasar modal syariah dapat tumbuh,” ujar Direktur Pengembangan BEI Nicky Hogan di Jakarta, Senin.

Ia mengatakan bahwa sebagai negara dengan jumlah penduduk muslim terbesar di dunia, Indonesia memiliki potensi besar untuk dapat menjadi pusat perkembangan bagi rpoduk investasi berbasis syariah baik ditingkatan global, maupun regional.

“Dalam beberapa tahun terakhir, perkembangan produk investasi syariah, khususnya pasar modal menunjukan pertumbuhan yang cukup baik,” tuturnya.

Sampai akhir tahun 2015, ia mengemukakan bahwa pertumbuhan pangsa pasar saham syariah lebih dominan dibandingkan dengan non syariah. Dari sisi produk, jumlah saham syariah tercatat sebanyak 318 saham atau 61 persen dari total kapitalisasi pasar saham Indonesia.

“Pertumbuhan jumlah investor saham syariah di Indonesia juga meningkat 76 persen walaupun jumlahnya per akhir 2015 hanya sebanyak 4.908 investor berdasarkan ‘single investor identification’ (SID) atau sekitar 1 persen dari total investor saham yang jumlahnya sebanyak 434.443 SID,” paparna.

Sedianya, dalam pelaksanaan festival pasar modal itu BEI juga bekerjasama dengan Kliring Penjamin Efek Indonesia (KPEI), dan Kustodian Sentral Efek Indonesia (KSEI) yang didukung oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Festival pasar modal syariah mengangkat tema “Yuk Nabung Saham Syariah” yang diselenggarakan pada 30 Maret hingga 2 April 2016.

“Diharapkan, melalui kegiatan itu dapat mengubah paradigma masyarakat dari ‘saving society’ menjadi ‘investment society’,” ucap Nicky Hogan, berharap.

Direktur KSEI Frederica Widyasari Dewi menambahkan bahwa saat ini terdapat dua bak syariah yang menjadi Bank Administrator Rekening Dana Nasabah (RDN), yakni PT. Bank Syariah Mandiri dan PT. BCA Syariah.

“Kerja sama KSEI dengan bank syariah itu diharapkan dapat memperluas jaringan pasar modal syariah melalui perbankan,” ujarnya.

iklan btn

1 Comment

1 Comment

  1. heti

    20/05/2016 at

    Saya tertarik dengan tulisan anda tentang pasar modal, saya juga punya tulisan yang sejenis tentang pasar modal Indonesia, anda dapat mengunjungi di Eksplor Indonesia

Komentar Anda...

To Top